Tips Agar Anak Dekat dengan Papa

Tak semua papa bisa langsung dengan mudah menjalin hubungan mesra dengan anak. Padahal menurut William Sears, MD, dokter anak di California dan penulis banyak buku tentang kesehatan anak dan keluarga, melihat pentingnya hubungan yang erat antara papa dan bayinya.

Dan ternyata, peran mama sangat besar lho, dalam proses kelekatan itu. Apa yang bisa mama lakukan? Berikut ini tips dari William.  

1. Beri kesempatan
Mengandung selama sembilan bulan, dan setelah melahirkan, merawat bayi sepanjang hari, secara alami pasti membuat mama merasa dirinyalah yang paling tahu cara terbaik mengurus anak.

Tapi, jangan lupa, papa juga punya cara sendiri, yang kerap berbeda dari mama. Ternyata, setiap bayi  menikmati perbedaan ini. Artinya, Anda tak perlu setiap saat berada di dekat suami sambil berjaga-jaga, karena khawatir bayi Anda merasa tak nyaman dalam pelukan papanya.

2. Bantu mereka jadi lebih dekat
Menggendong merupakan kedekatan fisik, yang bisa menjadi cara alami menjalin hubungan erat antara orangtua dengan bayinya. William menganjurkan, agar para papa sering-sering melakukannya. Saat berbelanja, misalnya, tinggalkan stroller di rumah. Sebagai gantinya, bawa gendongan dan biarkan suami Anda yang lebih banyak menggendong anak
        
3. Ganti popok = momen berharga
Anak Anda perlu gonta-ganti popok sampai ribuan kali dalam tahun-tahun pertama kehidupannya. Jadi, mengapa tidak membuat momen ini berharga? Bahkan, mengganti popok 2-3 kali saja dalam sehari, bisa menciptakan kelekatan. Dorong suami untuk melihat acara ganti popok ini sebagai momen menyenangkan bersama bayi.

4. Berbagi menidurkan dan menyusui
Jika bayi Anda menyusu dan minum ASI dari botol, minta suami untuk lebih banyak mengambil tugas memberi susu botol. Bagi secara adil tugas menyusui ini. Bahkan, bila bayi Anda hanya menyusu ASI, suami bisa memberi ‘sentuhan akhir’. Misalnya, setelah menyusu dan mengantuk, berikan anak ke dalam pelukan papanya, hingga ia benar-benar tertidur.

5. Biarkan papa berjaga di malam hari
Setelah menyusu di malam hari bersama Anda, suami yang menggendong dan menepuk-nepuk punggung bayi Anda untuk membuatnya bersendawa, lalu meninabobokannya hingga bayi tertidur lagi.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia