Beda Total Carb dan Net Carb

Akhir-akhir ini, bukan hanya istilah total carbs saja yang tercantum dalam label makanan, melainkan juga net carbs. Apa itu?


Total carbs (total carbohydrates) adalah jumlah total kabohidrat yang ada dalam makanan. FDA menghitung total carbs dengan cara mengurangi jumlah gram protein, lemak, air, dan ash dari total berat makanan. Ash adalah bagian makanan yang tidak bisa dibakar oleh tubuh, termasuk mineral seperti kalsium dan fosfat.


Sementara itu, istilah net carbs (net carbohydrates) sendiri belum disetujui oleh FDA. Net carbs merupakan jumlah total dari karbohidrat dikurangi serat, gliserin (cairan bening dari fermentasi gula), dan gula alkohol (pemanis yang bebas gula). 


Sebenarnya nih, net carbs merupakan frasa marketing yang digunakan  penyokong diet low-carb untuk menunjukkan adanya pengurangan jumlah karbohidrat dalam produk mereka. Teori versi mereka adalah serat, gliserin dan gula alkohol tidak meningkatkan kadar gula darah, sehingga tidak perlu dimasukkan saat menghitung karbohidrat. Bagaimana kenyataannya? Gliserin dan gula alkohol bisa menaikkan kadar gula darah, serta ketiga komponen itu tetap saja menyumbangkan kalori. 

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia