Cara Redakan Nyeri Punggung

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meredakan nyeri punggung:


Mulai dengan berolahraga secara teratur. Ini membantu menguatkan otot dan membuat Anda lebih fleksibel. Keduanya bisa membantu mengurangi tekanan pada tulang belakang. Olahraga yang umumnya disarankan adalah jalan kaki, berenang, dan yoga. Jka Anda sedang hamil, coba ikut kelas khusus prenatal yoga.


Berikutnya adalah dengan kompres. “Saya menyarankan kompres dingin. Lakukan 20 menit, lalu diulang setiap 6-8 jam. Tidak perlu mengompres setiap nyeri terasa. Selain kurang optimal, malah bisa menyebabkan peredaran darah tidak lancar,” jelas dr. Muki Partono, Sp.OT, spesialis bedah tulang RS Siaga, Jakarta. 


Cara paling simpel adalah memperbaiki postur. Saat berdiri, prinsipnya adalah berdiri tegak, busungkan dada, arahkan bahu ke belakang, dan jangan kunci kedua lutut, demikian saran ahli dari situs mayoclinic. Posisi tidur pun perlu dimodifikasi. Jangan telentang, lebih baik menyamping, tekuk lutut, dan letakkan bantal di antara lutut bila perlu. Saat duduk, tempatkan handuk yang telah digulung di bagian punggung bawah. 


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia