Langsing Alami Setelah Melahirkan

Masa hamil dan menyusui telah Mama lewati. Kini, Anda mulai resah karena tubuh belum kembali ke bentuk awal sebelum masa-masa tersebut. Selain mulai berolahraga rutin, boleh juga, lho, Ma, mencoba ramuan alami yang telah lama dipercaya nenek moyang kita untuk membantu pelangsingan. Ini beberapa di antaranya:

Teh
Minuman paling popular di dunia ini punya beragam jenis, nah, yang terkenal berkhasiat membantu pelangsingan tubuh adalah teh hijau. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Birmingham di Inggris dan Universitas Geneva di Swiss, teh hijau kaya kandungan epigallotechin gallate dan kafein yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh, pembakaran kalori, mengurangi penyerapan lemak dari makanan dan mengendalikan gula darah supaya Mama tidak mudah tergoda untuk ngemil.

Daun jati belanda
Merupakan bahan yang selalu digunakan dalam jamu galian singset di Jawa. Ini karena tanaman dengan nama latin Guazuma ulmifolia itu mengandung senyawa tannin, alkaloid, karotenoid, flavonoid dan asam fenol.

Dalam jamu galian singset, daun jati biasanya dicampur dengan daun tempuyung dan jahe untuk meningkatkan khasiat mengurangi penyerapan lemak dan meningkatkan pembakaran kalori. Badan Litbang Kesehatan Indonesia telah meneliti khasiat daun jati belanda dan tidak menemukan adanya efek buruk terhadap tubuh.

Daun salam
Selain sedap sebagai bumbu masakan, daun salam bisa membantu Mama menjadi lebih langsing. Berdasarkan penelitian dari Pusat Penelitian Antar Universitas, Ilmu Hayati, Institut Teknologi Bandung, minum rebusan daun salam sebelum makan bisa membantu menjaga berat badan.

Hal ini berkat kandungan tannin yang mengikat enzim-enzim pencernaan sehingga karbohidrat dan lemak tidak semuanya terserap tubuh. Efek sampingnya adalah Mama jadi sering buang air kecil karena daun salam juga bersifat diuretic. (Armita Rahardini/Foto:dok.Feminagroup)

Baca juga: Kapan Tidak Perlu Berdiet

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia