Let's Vacay!
Sudah punya rencana liburan akhir tahun ini? Wisata apa yang jadi pilihan keluarga Anda?
Jelajah Museum
Bermain di Pantai
Liburan di Pegunungan
Wisata Belanja
Wisata Kuliner

4 Permainan Asah Otak

Berlibur tidak harus keluar rumah, bahkan berlibur di rumah bersama juga menyenangkan. Manfaatkan libur akhir pekan untuk berkumpul dan melakukan berbagai aktivitas seru bersama. Meski hanya bermain di rumah, kebersamaan Anda bersama anak selama liburan akan menjadi momen membahagiakan mereka.

Cobalah ide permainan yang mengasah otak untuk bermain. Selain bermain, anak memiliki kesempatan untuk bereksplorasi sambil belajar tentang fenomena alam, hukum sebab akibat dan lain-lain.

Percobaan gunung berapi. Siapkan satu botol minuman bersoda bersoda ukuran 1,5 liter. Buka tutup botol minuman bersoda di halaman. Kemudian (lakukan secepat mungkin), minta anak mencemplungkan beberapa butir permen mint sekaligus dalam botol, dan berlarilah! Anda akan melihat air soda ‘meledak’ dari dalam botol dan membuat sebuah air mancur besar. Keren!

Buat adonan. Masukkan dua cangkir tepung maizena ke dalam mangkuk. Tambahkan air perlahan sambil terus diaduk. Perhatikan adonan tersebut berubah dari keras menjadi lembut hingga lengket. Biarkan si kecil membuat bola-bola kecil adonan tersebut. biar tambah seru, teteskan pewarna makanan!

Percobaan di dapur. Siapkan air soda, jeruk lemon dan gula yang sudah dilarutkan dalam air mendidih. Kemudian, ajak anak membuat limun dari bahan-bahan tersebut. Anda bisa menambahkan lebih banyak bahan yang lain seperti jus lemon atau soda.

Matematika asyik. Ada begitu banyak permainan strategi populer yang membutuhkan kemampuan menambah atau mengurangi. Berinvestasilah pada permainan scrabble yang dapat meningkatkan keterampilan mengeja dan matematika.

Sebab, anak harus menyusun kata-kata yang benar dan menghitung nilai yang diperoleh, serta mengalikan angka tersebut ketika mendapatkan huruf yang bernilai ganda. Anda bleh menggunakan kamus dan kalkulator. Selain scrabble, Anda juga bisa mengajak anak bermain catur, monopoli atau halma. (Penulis: Bebby Sekarsari/Foto: dok.Feminagroup)

Baca juga: Gangguan Belajar Disleksia


   Komentar

  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
   Kirim ke Teman


 
200 karakter tersedia
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan nama anda.
 



Home | Hamil | Bayi | Balita | Usia Sekolah (5-12) | Dunia Mama | Acara Parenting | Berlangganan | Privacy Policy & Disclaimer | Terms & Condition

2004 - 2014 Hak cipta oleh majalah Parenting
Dilarang menyalin/ mempublikasikan/meng-copy isi website tanpa seijin pihak Femina Group
Tampilan terbaik gunakan IE 7+ / Mozilla Firefox 3+