8 Makanan Kaya Nutrisi Untuk Anak (Part I)

Pastikan makanan yang dikonsumsi anak benar-benar bernutrisi. Inilah 8 makanan kaya nutrisi ala Rachel Beller, R.D., Beller Nutritional Institute di Beverly Hills, California:

1. Blueberry
Menduduki ranking tertinggi sebagai buah paling sehat selama bertahun-tahun (berkat kandungan  antioksidannya). Kini, peneliti menyatakan, selain melindungi anak Anda terhadap penyakit jantung, diabetes, dan memperbaiki fungsi otak, blueberry bisa pula membantu mengurangi lemak visceral, yakni lemak yang berkaitan erat dengan terjadinya obesitas dan sindroma metabolisme.

Cara menyelipkannya dalam makanan anak: Selipkan buah ini dalam cereal, salad, dan dessert favoritnya. Bisa juga, Anda membuat es krim dengan cara mem-blender blueberry, yogurt, dan sedikit madu (setelah anak berusia 1 tahun ya).

2. Cocoa
Ternyata, bubuk cocoa mengandung konsentrasi flavonoid (zat yang bisa mengoptimalkan tekanan darah, kondisi jantung, dan kesehatan mulut) yang paling tinggi. Juga, cocoa bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Gunakan paling sedikit 70 persen cocoa murni dan pastikan tidak diproses dengan alkali (juga disebut sebagai “Dutch processed”), karena bisa menghilangkan sebagian besar kandungan flavonoid.

Cara menyelipkannya dalam makanan anak: Buatlah minuman cocoa panas. Taburkan di atas pancake, waffle, kue, atau french toast. Bisa juga, lelehkan sedikit dark chocolate dan celupkan strawberry ke dalamnya.

3. Tomat
Kaya akan likopen, yaitu zat yang melindungi tubuh terhadap berbagai jenis kanker. Jika dimasak, tomat akan lebih menyehatkan lagi! Proses pemanasan akan membuat buah ini melepaskan lebih banyak lagi likopen. Tip: Memadukan makanan berbasis tomat dengan lemak baik (seperti minyak zaitun) akan membuat tubuh menyerap lebih banyak likopen.

Cara menyelipkannya dalam makanan anak: Masukkan dalam pizza atau pasta pilihan si kecil. Bisa juga, Anda membuatkannya sup tomat, chili, dan salsa (untuk celupan tortilla).  

4. Tahu
“Makanan berbasis kedelai adalah sumber protein nabati yang baik dan berfungsi pula sebagai anti kanker,” kata Beller. “Tahu sangat baik untuk si praremaja Anda, karena memiliki efek melindungi saat tubuh dan jaringan payudara berkembang. Ini akan berakhir begitu anak Anda memasuki masa dewasa.”

Cara menyelipkannya dalam makanan anak: Potong tahu menjadi bentuk dadu dan masukkan tahu tersebut ke dalam tumisan, sup, atau digoreng saja. Anda bisa pula gunakan tahu sutera sebagai pengganti yogurt pada saat membuat smoothies buah. Tetap enak kok!

Baca makanan kaya nutrisi untuk anak lainnya di sini!

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia