Aktivitas Ini Cegah Anak Pakai Kacamata

Yuk, Ma, matikan game komputer dan ajak anak-anak bermain di luar. Para pakar kesehatan mata mengatakan, semakin banyak waktu yang dihabiskan anak Anda bermain di luar rumah, semakin kecil pula risikonya menderita miopia atau rabun jauh.

Di negara-negara Asia, rabun jauh banyak dialami anak-anak yang tinggal di daerah perkotaan. “Juga, rabun jauh pada anak muncul di usia yang semakin muda dan tingkat keparahannya berkembang lebih cepat,” ujar Thomas Aller, dokter spesialis mata dari San Bruno, AS.

Selama ini, dipercaya bahwa aktivitas 'penglihatan dekat' seperti main game komputer dan jarak membaca yang terlalu dekat dengan mata menjadi penyebab terjadinya miopia. Tapi, ada kemungkinan  lamanya waktu bermain di luar rumah juga berpengaruh.

Penelitian yang dilakukan pada 2008 dan dimuat dalam jurnal Opthalmology menyebutkan, anak-anak yang bermain di luar rumah setidaknya 2,8 jam per hari, lebih kecil kemungkinannya menderita rabun jauh dibandingkan dengan anak-anak yang jarang bermain di luar rumah.

Padahal, kedua kelompok menghabiskan waktu yang sama untuk bermain video game. Menurut para pakar, saat bermain di luar rumah, mata anak akan memandang ruang yang luas, sehingga terlatih memfokuskan pandangan pada obyek yang jauh.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia