Anak Jalan Saat Tidur

Anak terbangun dan turun dari tempat tidurnya, tapi tidak mendengar ketika Anda bicara? Bisa jadi dia sebenarnya tidak terjaga dan masih tidur! Ya, Ma, berjalan dalam keadaan tidur adalah sejenis mimpi yang yang bergerak.

Saat mengalaminya, anak tidak melakukannya dengan mata tertutup, dan berjalan biasa, tapi sesungguhnya dia sedang tidur. Dia juga tidak mendengarkan suara Anda, karena itu dia akan mengabaikan Anda. Jalan waktu tidur bisa disertai mimpi.

Menurut dr. Miriam Stoppard, hal ini bukan hal aneh dan banyak anak mengalaminya. Walaupun tidak tergolong kelainan berat, jika anak sering mengalaminya, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada psikiater. Bahaya yang mungkin mengancamnya adalah jika dia berjalan ke arah tangga dan terjatuh, menabrak kaca, dll.

Karena itu, Jika melihatnya berjalan saat tidur, jangan membangunkannya, tapi bimbing dia perlahan-lahan untuk kembali ke tempat tidur. Jika cukup kerap terjadi, sebaiknya beri pengaman di area-area rawan, misalnya pembatas antara kamarnya dan tangga.

Kapan perlu ke dokter? Jika kondisi ini kerap terjadi dan Anda menemukan ada kejanggalan. Biasanya, dokter akan menanyakan seberapa sering ini terjadi, bagaimana mulainya, dan apakah mungkin disertai mimpi buruk. Kemungkinan Anda akan dirujuk pada psikiater jika diperlukan tindakan lebih lanjut. Yang penting, Ma, ketahui penyebabnya, beri anak kenyamanan dan ketentraman, sehingga hal ini tidak sering terjadi dan membahayakan dirinya.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia