Bantu Anak Adaptasi Saat Masuk SD

Saat masuk SD, anak dipastikan akan menghadapi waktu belajar di sekolah yang lebih lama dibandingkan waktu di TK. Jam masuk SD pun biasanya lebih pagi daripada TK, sehingga anak Anda harus bangun lebih pagi dan pilang lebih siang.

Pada awal-awal minggu ia masuk SD, bisa saja anak merasa mudah lelah dan kewalahan karena dia belum terbiasa. Untuk membantu anak menyesuaikan dirinya sebagai pelajar SD yang memiliki kewajiban yang baru, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, yakni:

•    Cari tahu jadwal kegiatan dan istirahat di sekolah, lama perjalanan ke sekolah, dan lama waktu untuk bersiap-siap sebelum berangkat ke sekolah.

•    Lakukan rutinitas yang mirip dengan rutinitas baru di SD beberapa minggu sebelum ia mulai bersekolah. Bangunkan anak di jam yang sama dengan jam ia harus bangun pagi saat hari sekolah nanti, lalu minta ia mandi dan sarapan dengan jadwal baru ini. Cari tahu juga pukul berapa biasanya anak-anak beristirahat di sekolah.

•    Bila anak terbiasa tidur siang, cobalah geser waktu tidur siangnya hingga jam pulang sekolah atau saat ia tiba di rumah.

•    Lebih disiplin mengatur jam tidur malam anak agar waktu tidur untuk anak seusianya, yaitu 8-10 jam sehari terpenuhi.

•    Perhatikan asupan gizi anak. Tawarkan anak sarapan yang sehat dan bawakan camilan bergizi yang rendah gula. Makanan dengan gula tinggi akan membuat anak aktif dan bersemangat dalam sekejap, tetapi juga cepat merasa lemas karena kandungan gula dalam darah cepat pula turun.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia