Merawat Luka Anak

Anak jatuh saat bermain sepeda? Atau terjatuh dari ayunan di playground? Ia pasti akan mengalami luka yang cukup lama di bagian lututnya. Tapi, tenang saja, Ma. Kebanyakan bekas luka, meski di lutut atau di siku sekalipun, akan memudar seiring dengan waktu.
Ikuti langkah merawat luka berikut ini:

Saat terjatuh...
Bersihkan luka dengan sabun dan air. Kemudian periksa seberapa parah luka yang terjadi. Setiap luka yang terbuka, bahkan walau hanya sedikit, sebaiknya diperiksakan ke klinik atau dokter. Mungkin luka tersebut membutuhkan tindakan lebih lanjut, seperti dijahit.

Dalam proses penyembuhan...
Jika luka anak membutuhkan jahitan, ikuti perintah dokter untuk merawat luka tersebut hingga kunjungan berikutnya ke dokter. Ingin merawatnya sendiri di rumah? Boleh saja. Cukup jaga agar luka tetap lembab dengan mengoleskan petroleum jelly.

Luka yang menimbulkan keropeng kering justru berpotensi membuat bekas luka menjadi parah. Tutup luka dengan perban yang diganti dua kali sehari, dan selalu oleskan salep setiap kali mengganti perban. Jika Anda melihat tanda-tanda infeksi, seperti nanah atau area di sekitar luka menjadi bengkak dan kemerahan, segera berkonsultasi dengan dokter anak Anda.

Setelah sembuh...
Untuk meminimalkan bekas luka, pijat lembut area di sekitar bekas luka selama beberapa menit dua sampai tiga kali sehari. Lembar silikon gel (mirip dengan perban) yang dijual bebas di apotek bisa Anda gunakan untuk menyamarkan bekas luka. Jika tampilan bekas luka masih mengganggu Anda atau anak setelah enam bulan, kunjungi dokter kulit untuk kemungkinan pengobatan lebih lanjut.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia