Si Kecil Batuk Pilek

Penyakit batuk pilek bisa disebabkan oleh dua hal, yaitu virus dan reaksi alergi. Jika penyebabnya adalah virus, maka penyakit ini bisa menular melalui udara atau kontak langsung dengan permukaan benda yang terkontaminasi virus. Batuk pilek yang merupakan reaksi alergi bisa muncul apabila anak terpapar zat yang bersifat alergen, seperti debu, udara dingin, serbuk bunga, dan lain-lain.
 
Gejala: Hidung tersumbat, mata berair, batuk, dan terkadang juga disertai oleh demam ringan dan sakit kepala.
 
Batuk pilek umumnya bukan jenis penyakit serius, sehingga anak yang memiliki kekebalan tubuh baik akan sembuh sendiri dalam waktu 7-10 (hari ke-3 biasanya adalah yang terparah) hari. Untuk mempercepat proses penyembuhan, berikan anak banyak makanan bergizi, istirahat yang cukup, serta minum banyak cairan untuk membantu mencairkan lendir pernapasan.
 
Meski bukan tergolong penyakit serius, batuk pilek yang berlangsung terlalu lama bisa memunculkan komplikasi, seperti infeksi sinus dan infeksi telinga tengah. Segera hubungi dokter jika penyakit dialami anak yang berusia di bawah 3 bulan. Untuk anak yang lebih besar, hubungi dokter jika sakit sudah berlangsung selama seminggu, anak mengalami demam tinggi dan kesulitan bernapas, muncul keluhan sakit telinga, serta jika ia terlihat sangat lemah dan kehilangan nafsu makan secara drastis.
 
Cara mencegahnya yaitu dengan rajin mencuci tangan dengan sabun, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, dan cukup tidur merupakan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menguatkan imunitas tubuh dan mencegah penularan batuk pilek. Jangan lupa, pastikan pula kuku jemari anak terpotong rapi untuk menghindari penumpukan kuman di sela-selanya. Bekali pula diri Anda dengan cairan pembersih agar mudah membersihkan tangannya ketika berada di tempat umum yang ramai, seperti pusat perbelanjaan, stasiun kereta, taman bermain, dan lain lain. (DEN)

Foto: 123RF

Baca juga:

4 Tanda Anak Alami Batuk Pilek
Cara Bedakan Batuk Pilek Virus atau Bakteri
Penyebab Anak Batuk Pilek

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia