Bayi Belum Bisa Tengkurap Sendiri

Jika bayi belum bisa tengkurap sendiri, Mama bisa melihat gambaran secara umum terkait perkembangan anak usia 6 bulan ya. Secara garis besar, perkembangan mencakup kualitas di empat aspek, yaitu:

- Motorik (kasar dan halus): Merangkak, duduk, berdiri, dan berjalan termasuk keterampilan motorik kasar. Nah, berdasarkan statistik, di akhir bulan ke-6, bayi sudah bisa tengkurap bolak balik, didudukkan dan dibantu ditopang sampai bisa duduk sendiri, serta menopang beratnya dengan kaki yang menapak. Sedangkan motorik halus yang sudah dikuasainya adalah bisa mengambil benda dengan satu tangan, memindahkan obyek dari satu tangan ke tangan yang lain, serta mengambil benda kecil dengan dua jari saja. 

- Sosial-emosi: Ia sudah bisa menikmati 'permainan', tertarik pada gambar yang tampak di cermin, serta memberi respons terhadap ekspresi emosi yang ditunjukkan orang lain dan umumnya tampak ceria. 

- Komunikasi: Bayi sudah mampu merespons begitu mendengar namanya dipanggil, mulai mengerti arti “jangan atau tidak”, bisa membaca emosi dari nada suara, berespons terhadap suara dengan mengeluarkan suara tertentu pula, serta mulai mengekspresikan rasa senang atau geram melalui suara.

- Kognitif: Bayi bisa menemukan benda yang tersembunyi sebagian (misalnya, kepala boneka), mengeksplorasi mulut dan tangan, dan berusaha meraih suatu benda yang agak jauh dari dirinya. (Foto: dok. Feminagroup.)

Edisi Terbaru

School Success

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia