Hati-hati, Sariawan Bayi Bisa Menular ke Payudara Mama


Bercak putih pada lidah, langit-langit mulut, dan bibir bagian dalam yang kerap Anda temui pada bayi disebut  juga dengan oral thrush.

Ini merupakan salah satu jenis sariawan yang penyebabnya adalah infeksi jamur Candida albicans yang sering menyerang mulut bayi yang baru lahir atau bayi yang berusia kurang dari 2 bulan.

Bercak putih ini tidak mudah dihilangkan hanya dengan menyekanya menggunakan tissue atau kain. Kalau Anda paksa, justru malah akan menyebabkan lidah atau bagian mulut bayi jadi berdarah.

Meski tidak berbahaya, oral thrush bisa menular ke payudara Mama. Apa yang harus dilakukan?

Jika Anda menyusui bayi yang memiliki infeksi jamur, akan lebih baik jika Anda dan bayi menjalani pengobatan. Jika tidak, Anda cenderung akan menularkan infeksi balik kepada bayi, demikian pula sebaliknya.

Dokter mungkin akan meresepkan obat anti jamur ringan untuk bayi dan krim anti jamur untuk payudara. Setelah itu, biasakan untuk membersihkan puting sebelum bayi mulai menyusu.

Bila bayi mengempeng atau menggunakan dot, hentikan sementara pemakaian empeng atau botol dot. Terlebih jika higienitas empeng atau botol dot kurang terjaga. Intinya, selalu jaga kebersihan mulut bayi, payudara mama, serta peralatan menyusunya. 

Baca juga : Sariawan pada Anak 

 

Edisi Terbaru

Aku Indonesia

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia