Manfaat Berendam Air Hangat Bagi Tubuh



Anda mungkin termasuk orang yang malas mandi, terutama ketika badan sudah lelah setelah seharian bekerja, rasanya hanya ingin segera rebahan di tempat tidur. Tapi,

Anda juga perlu tahu bahwa mandi ternyata juga memiliki segudang manfaat terutama jika menggunakan air hangat atau berendam di bath tub.

MEMBAKAR KALORI
Menurut seorang peneliti dari University of Loughborough, Dr. Steve Faulkner, mandi atau berendam air hangat sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sebab, mandi atau berendam dengan air hangat sama seperti berolahraga dan membakar kalori sekaligus merelaksasi pikiran.

Berendam selama minimal 10 menit di bak mandi dengan air hangat yang ditetesi essential oil tertentu juga bisa mencegah beberapa penyakit. Tapi, sebelum melakukannya, pastikan Anda tahu aturan penggunaan essential oil sesuai kebutuhan Anda.

MEMBUAT GULA DARAH STABIL
Berendam pada suhu 40 derajat Celcius sama seperti naik sepeda santai selama setengah jam. Sementara, tingkat gula darah juga lebih stabil dibandingkan dengan mereka yang mandi dengan air dingin.

Namun, hal ini tergantung pada kondisi Anda, terlebih jika sebelum mandi Anda makan malam terlebih dahulu.

TAPI, JANGAN TERLALU SERING
Terutama bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering, sebaiknya atur waktu yang tepat dan jangan mandi air hangat setiap hari. Sebab, uap yang ditimbulkan oleh air yang hangat dapat mengganggu kelembapan kulit, sehingga setelah mandi kulit terasa lebih kering.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan body lotion setiap habis mandi, agar kulit tidak kering.

Baca Juga:
Ketahui Ini Sebelum Mandi Berendam Air Hangat Saat Hamil

 

Edisi Terbaru

Family Holiday

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia