Perubahan Tubuh Saat Hamil 9 Bulan

Memasuki kehamilan bulan ke-9, pertambahan berat badan Anda minimal mencapai 9 kg. 


Kenaikan berat ini terbagi menjadi beberapa bagian, yakni berat plasenta (9%); cairan ketuban (11%); payudara, kaki, rahim, dan bokong (20%); darah dan cairan lain (22%); serta berat bayi (38%). Namun, dua minggu menjelang persalinan, berat badan Anda justru akan sedikit turun. Kok bisa? Hal ini biasanya dianggap sebagai pertanda bayi sudah matang dan siap dilahirkan.


Berhubung telah memasuki masa puncak kehamilan dan tubuh sedang besar-besarnya, Anda pasti merasa canggung dan memerlukan lebih banyak usaha ketika beraktivitas. Perut bagian bawah akan terasa semakin berat dan kulit juga terasa lebih kencang dan gatal, terutama pada bagian perut yang keras dan tegang. Gatal-gatal ini terjadi, karena merenggangnya kulit akibat pembesaran perut.


Waspadai kontraksi palsu (kontraksi Braxton Hicks), yang memang agak sulit dibedakan dengan kontraksi asli. Ciri khas yang bisa diamati adalah kontraksi palsu datang dengan frekuensi tidak teratur. Beda dengan kontraksi asli yang muncul dengan rentang waktu tertentu dan kian lama bertambah sering. Kontraksi palsu biasanya tidak disertai rasa sakit yang melilit, sedangkan kontraksi asli terasa sebagai sakit menggigit yang kuat di perut.


Edisi Terbaru

Happy Healthy Kids

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia