5 Tips Memilih Penginapan untuk Anak Berkebutuhan Khusus


 

Apa saja yang ada di daftar rencana liburan Anda? Apakah sudah termasuk berburu tiket pesawat atau kereta, penyewaan mobil, lokasi wisata, dan yang tak kalah penting adalah tempat Anda dan keluarga menginap selama di kota tujuan?
 
Saat Anda pergi menginap di luar kota bersama si kecil yang berkebutuhan khusus, perencanaan Anda harus lebih ekstra detail. Pasalnya, ada beberapa kebutuhannya yang harus diakomodir, terutama perihal tempat menginap.
 
Menurut seorang autism advocate asal Massachusetts, AS, yang menulis buku tentang beraktivitas di luar ruangan bersama anak berkebutuhan khusus, Get Out, Explore, and Have Fun mengatakan bahwa anak berkebutuhan khusus membutuhkan struktur, konsistensi, dan akomodasi. Mereka sangat bergantung pada akomodasi yang konsisten seperti yang sudah biasa ia dapatkan. Misalnya saja, suasana rumah, pencahayaan, perlengkapan, atau tingkat kebisingan seperti yang ia biasa dapatkan dari rumah. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk mendapatkan tempat penginapan yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
 
Melansir dari Fox News, ada beberapa tip bagi Anda saat hendak memilih hotel yang tepat selama liburan:
 
1. Pertimbangkan Menyewa Vila
Vila memang bertarif lebih mahal dan rasanya terlalu besar bila diisi oleh keluarga kecil Anda. Namun, sadarilah bahwa anak Anda membutuhkan konsistensi. Vila dapat membawanya seperti sedang ‘merasakan’ rumahnya sendiri. Anda dapat mengakomodir kebiasaannya untuk bermain di teras, melihat bulan dari balkon, atau menunggui Anda memasak di dapur, hal yang tidak mungkin bisa ia dapatkan dari hotel.
 
2. Tipe Kamar
Jika memang harus menginap di hotel, sebaiknya sesuaikan tipe kamar yang Anda pilih berdasarkan kebutuhannya. Tipe kamar paling murah di hotel berkelas (setidaknya bintang 4) akan lebih baik daripada tipe kamar terbaik dari hotel kelas bawah (di bawah bintang 3). Semakin bagus kredibilitas hotel, maka akan semakin baik fasilitasnya. Anda mungkin akan menyisihkan bujet cukup banyak untuk membayar hotel. Tapi, istirahat yang berkualitas tentu penting bagi si kecil yang sudah melewati hari yang melelahkan.
 
3. Lokasi Kamar
Tanyakan pada petugas hotel apakah mungkin bagi keluarga Anda untuk mendapatkan kamar di lorong yang sepi oleh tamu atau terpisah dari kamar lain? Hal ini untuk berjaga-jaga agar tidak mengganggu tamu lain apabila si kecil membuat kegaduhan.
 
4. Fasilitas Penginapan
Temukan penginapan yang menawarkan fasilitas tertentu untuk mengisi kegiatanya, seperti kolam renang atau play ground. Mereka akan menikmati berenang dan bermain di penginapan.
 
5. Lokasi Penginapan
Saat ini, sudah banyak kompleks pariwisata yang menawarkan penginapan di dalamnya. Apabila memungkinkan, Anda bisa memilih lokasi penginapan yang memang berada satu kompleks dengan tempat pariwisata tersebut atau setidaknya berdekatan. Hal ini bertujuan agar keluarga Anda bisa langsung membawa si kecil ke kamar saat ia kelelahan atau tantrum.
 
 
Baca juga:
 
Terlalu kecil untuk menginap
Liburan Keluarga Bersama Anak Berkebutuhan Khusus, Why Not?
10 Kiat Sukses Liburan dengan Anak Berkebutuhan Khusus
Perlukan Berutang Demi Liburan?
Tip Hemat Budget Liburan
 
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: PIXABAY
 
 
 
 
 
 

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia