Antri Bikin Paspor Semakin Mudah via Website, Aplikasi dan WhatsApp



Antrean di kantor imigrasi saat hendak membuat maupun memperpanjang paspor memang melelahkan. Tak jarang, kita harus datang pagi-pagi buta dan cuti sehari atau setengah hari dari kantor demi mendapatkan nomor antrean yang lebih awal.
 
Namun, sejak Mei lalu, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal kepada antrean panjang di sejumlah kantor imigrasi dan unit layanan paspor saat hendak membuat atau memperpanjang paspor.
 
Ada tiga cara yang bisa Anda pilih untuk mengambil nomor antrean paspor, yaitu:
 
Website imigrasi.go.id
Sebanyak 26 kantor imigrasi maupun unit layanan sudah menjalani uji coba antrean paspor online ini, masing-masing berlokasi di Jakarta (9), Tangerang (1), Depok (1), Karawang (1), Bandung (2), Semarang (2), Palembang (1), Jogjakarta (1), Surabaya (3), Malang (1), Mataram (1), Makassar (2), dan Medan (1).
 
Di Surabaya, seluruh kantor layanan imigrasi, baik di kanim Kelas I Surabaya di Waru, Kanim Tanjung Perak di Tandes, dan Unit Layanan Paspor Surabaya di Giant Maspion Square Ahmad Yani sudah bisa melayani antrean online tersebut.
 
Pemohon bisa membuka website imigrasi.go.id dan memilih menu “Layanan Antrian Paspor Online” di bagian tengah laman utama web tersebut, dan melakukan registrasi.
 
Setelah memilih kantor layanan yang diinginkan, pemohon disodori pilihan tanggal untuk datang ke kantor layanan, serta diminta mengisi mengisi jumlah pemohon yang akan mengurus paspor.
 
Aplikasi “Antrian Paspor”
Selain melalui website, Anda yang menggunakan Android juga bisa mengunduh aplikasi “Antrian Paspor” di Google Play Store, yang dikeluarkan oleh Direktorat Sistem & Teknologi Informasi Keimigrasian.
 
Rencananya, para pengguna ponsel pintar berbasis iOs pun nanti akan dapat menikmati layanan antrean paspor tersebut.
 
Dengan menggunakan aplikasi, Anda hanya tinggal datang sesuai dengan jam dan tanggal yang sudah ditentukan. Penggantian paspor biasa (24 halaman dan 48 halaman) pun bisa dilakukan hanya dengan membawa paspor lama dan KTP saja
 
Begini langkah-langkah mendapatkan nomor antrean paspor lewat aplikasi “Antrian Paspor”.
1. Unduh aplikasi di Google Play Store, dengan menggunakan keyword “Antrian Paspor”.
2. Daftarkan diri (registrasi) Anda, dan pilih KANTOR IMIGRASI yang dituju, serta HARI dan JAM PELAYANAN.

  1. Isi biodata, dan Anda pun akan mendapatkan kode BOOKING, EMAIL dan QR Code sebagai bukti telah mendaftar.
  2. Datang ke kantor imigrasi yang dituju sesuai jadwal dengan membawa berkas persyaratan permohonan paspor.
 
Saat ini, layanan antrean lewat aplikasi tersebut baru tersedia di Kantor Imigrasi dan Unit Layanan Paspor Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Bandara Soekarno Hatta, Tanjung Priok, Depok, Karawang, Surabaya, Tanjung Perak, Bandung, Makassar, Semarang, Yogyakarta, Polonia, Palembang, Malang.
 
Pesan via WhatsApp
Selain itu, sejumlah kantor imigrasi juga telah berinovasi dengan merilis Layanan Antrean via WhatsApp alias LAW.
 
Dengan layanan itu, pembuat paspor atau yang ingin memperpanjang paspor, bisa antre dengan mengirim pesan berformat tertentu ke nomor WhatsApp kantor imigrasi bersangkutan.
 
Berikut ini kantor imigrasi yang telah menerapkan Layanan Antrean via WhatsApp:
 
1. Imigrasi Batam
- Pemohon mengirimkan pesan via WhatsApp ke nomor 0822 8886 2017 atau 0822 8882 2017 pada pukul 07.30-10.00 dengan format: NAMA#TGL.LAHIR#ALAMAT + FOTO EKTP.
- Sistem akan mengirim jawaban berisi nomor antrean, waktu, dan dokumen apa saja yang perlu dibawa.
- Pemohon datang 30 menit sebelum waktu yang ditentukan dan memperlihatkan ke petugas keamanan jawaban WhatsApp yang diterima.
- Pemohon menuju ke Loket Pra Permohonan untuk dicek kelengkapan dokumen.
- Pemohon diberi formulir untuk diisi dan menunggu untuk proses wawancara.
 
2. Imigrasi Jakarta Pusat
- Pemohon mengirim pesan dengan format #NAMA#TANGGAL LAHIR #TANGGAL KEDATANGAN melalui WhatsApp di nomor 0812 9900 4406.
- Sistem segera memberi jawaban.
 
3. Imigrasi Bogor
- Pemohon mengetik pesan dengan format #NAMA#TANGGAL LAHIR#TANGGAL KEDATANGAN ke nomor WhatsApp 08 1111 00 333.
- Anda akan menerima balasan berupa barcode berisi kode booking.
- Reply pesan itu untuk mendapatkan nomor antrean, sekaligus jadwal kedatangan ke kantor imigrasi.