Uniknya Pastry Gurih


Pastry Ayam Gulung

Bila umumnya pastry berisi pisang, keju, atau buah manis lainnya, yang ini memiliki isian ayam. Akan menjadi pengalaman rasa baru saat mencicipinya.
 
Bahan
75 g fillet dada ayam, cincang
50 g udang kupas, cincang
1 siung bawang putih, haluskan
1 batang daun bawang, iris halus
1 sdm daun ketumbar, cincang
2 buah cabai rawit merah, cincang
½ sdm kecap ikan (nam pla)
¼ sdt garam
1 sdm putih telur
½ sdt jahe parut
375 g puff pastry
1 kuning telur, untuk olesan
2 sdt wijen sangrai

Pelengkap
Sambal asam manis 
Daun ketumbar

Cara Membuat

  1. Panaskan oven pada suhu 180ºC, siapkan loyang datar. Campur ayam, udang, bawang putih, daun bawang, cabai rawit, kecap ikan, garam, putih telur, dan jahe parut dalam mangkuk, aduk menggunakan tangan hingga rata. Atau, proses menggunakan food processor hingga tercampur rata, lalu bagi adonan menjadi 2 bagian, sisihkan.

  2. Gilas puff pastry menjadi lembaran berukuran 30 x 40 cm, lalu potong menjadi 2 bagian berukuran 20 x 30 cm. Ambil satu bagian adonan ayam, taruh di atas selembar plastik, lalu bentuk menyerupai sosis sepanjang ±25 cm.

  3. Taruh memanjang adonan isi di salah satu tepi puff pastry, olesi bagian tepi yang lain dengan air, lalu gulung sambil dipadatkan. Taruh di atas talenan dengan bagian yang terbuka berada di bawah agar gulungan tidak lepas, sisihkan. Lakukan hal yang sama untuk sisa bahan.

  4. Iris serong gulungan pastry tebal 2 cm, taruh di atas loyang. Olesi permukaannya dengan kuning telur, taburi wijen.

  5. Masukkan loyang ke dalam oven, panggang dalam selama 10–15 menit hingga berwarna kuning kecokelatan, angkat. Sajikan bersama saus cabai, hias dengan daun ketumbar.

 
Baca juga:

Pastry Isi Telur Bebek
Anak Bisa Buat Pastry Sendiri
 
 
(LELA LATIFA)
RESEP & FOTO: DOK. PRIMARASA