Sumber Kalsium Tak Hanya Susu, Jangan Remehkan 5 Sayuran Ini

Di masa pertumbuhan, anak wajib mengonsumsi kalsium. Proses pertumbuhan tulang, imun tubuh, kecerdasan otak, metabolisme, dan tinggi badan, adalah sederetan tugas kalsium pada tubuh. Termasuk juga proses pembekuan darah. Jadi bila anak terluka dan keluar darah, darahnya cepat terhenti jika ia cukup asupan kalsium.  

Kebanyakan orang menganggap untuk mendapat asupan kalsium harus minum susu. Memang benar tapi susu bukan satu-satunya sumber kalsium. Untuk anak yang alergi atau menolak susu, masih bisa kok menikmati bahan pangan alami yang memberikan kalsium pada tubuh.

Berikut ini beberapa sayuran yang tidak dapat diremehkan kandungan kalsiumnya:

 
1. Sawi hijau


 
Dalam satu cangkir sayuran sawi hijau yang matang mengandung 268 miligram kalsium. Jumlah ini cukup memenuhi kebutuhan kalsium harian. Selain itu, sayur ini juga kaya vitamin A yang membantu menjaga mata tetap tajam seiring dengan pertambahan usia.
 
2. Brokoli


 
Brokoli termasuk jenis sayuran super yang sangat kaya nutrisi. Selain kalsium, brokoli juga mengandung hampir dua kali vitamin C buah jeruk. Dua gelas mentah brokoli mengandung 86 miligram kalsium.
 
3. Edamame


 
Sayuran sejenis kacang-kacangan dari Jepang ini menjadi favorit bangsa China dan Jepang selama ribuan tahun. Kandungan kalsium dalam secangkir edamame yang dimasak adalah 98 miligram. Selain itu, edamame juga kaya protein non hewani yang kaya serat dan mengandung asam amino esensial.  
 
4. Bok Choy


 
Sayuran ini juga dikenal dengan kubis atau sawi Jepang. Selain kalsium, ia juga merupakan sumber vitamin A, vitamin C, dan potassium yang berguna untuk kontraksi dan relaksasi otot. Sering kram otot adalah tanda kekurangan mineral ini. Kandungan kalsium dalam bok choy adalah 74 miligram per cangkir.
 
5. Okra


 
Rasanya yang berlendir kerap membuat sayur okra dimusuhi banyak orang. Padahal ia tergolong kaya serat tidak larut yang berguna melancarkan buang air besar. Jadi selain memberi asupan kalsium bagi tubuh, okra juga menjauhkan risiko sembelit dan diare. Kandungan kalsium okra adalah 82 miligram per 1 gelas. (Alika Rukhan

Baca juga : 3 Resep Makanan untuk Kecerdasan Otak Anak