Bayi dan Anak-Anak Juga Butuh Kacamata Hitam Anti-UV?


 

Siapa yang tak gemas lihat anak kecil bergaya pakai kacamata hitam? Anda pun jadi ingin memakaikannya pada si kecil. Eits, tapi jangan sampai salah beli ya, Ma. Pilihlah kacamata dengan perlindungan anti-UV untuk si buah hati.
 
Perlindungan Mata
Sunglasses atau kacamata hitam memiliki fungsi melindungi mata dari sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh matahari. The Skin Cancer Foundation di New York, AS, menjelaskan bahwa paparan sinar matahari dapat berbahaya bagi kesehatan mata. Risiko pada mata akibat terpapar sinar ultraviolet matahari yang paling banyak adalah katarak. Selain itu, ada risiko lain seperti kornea yang terbakar, kanker kulit di sekitar mata, bahkan kanker mata sendiri.
 
Bagaimana Kacamata Hitam Melindungi Mata Bayi dan Anak-anak?
Mengutip hasil wawancara The New York Times dengan Dr. Gerhard W. Cibis, MD, kepala oftalmologi di Children’s Mercy Hospital di Kansas, AS, penglihatan bayi dan anak-anak masih dalam tahap perkembangan. Pigmen pada lensa mata yang membantu menyaring sinar ultraviolet belum sempurna. Oleh karena itu, kemampuan mata mereka dalam menangkis sinar ultraviolet tidak sebaik orang dewasa. Akan lebih banyak sinar ultraviolet yang bisa mencapai retina bayi dan anak-anak daripada orang dewasa.
 
Oleh karenanya, penting untuk memilih kacamata hitam yang setidaknya dapat menyaring 95% dari sinar ultraviolet. Kacamata dengan warna hitam atau gelap mampu mereduksi tingkat kecerahan cahaya matahari yang diterima oleh mata sehingga menjaga agar pupil mata bayi dan anak-anak tidak membuka semakin lebar.
 
Kacamata hitam dengan anti-UV yang memiliki broad spectrum akan lebih baik. Karena, kacamata ini akan melindungi mata si kecil dari UVA dan UVB sekaligus. Cara mudah untuk memastikan bahwa kacamata hitam yang dibeli benar-benar anti-UV adalah dengan melihat label pada lensa. Di sana tercatat UV400 atau 100% UV (minimal 98%)
 
Kapan Harus Memakai?
Menurut Dr. Cibis, anak-anak harus mengenakan kacamata hitam saat berada di bawah sinar matahari dalam durasi lama atau intens. Karena, bahaya sinar UVA dan UVB tetap menjadi ancaman.
 
Walaupun langit terlihat mendung, bukan berarti mengurangi risiko paparan sinar UV pada mata bayi dan anak-anak. Kapan pun orang dewasa memerlukan kacamata hitam, maka bayi juga membutuhkannya.
 

Baca juga:
Alasan Anak Perlu Pakai Sunglasses
Pilih Sunglasses untuk Anak
Ini Alasan Anda Butuh Kacamata Hitam
Ajak Anak Main di Luar agar Tidak Perlu Pakai Kacamata Minus
Anak Perlu Pakai Kacamata, Ini 6 Tandanya!
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK
 

 
 
 
 
 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Bayi dan Anak-Anak Juga Butuh Kacamata Hitam Anti-UV?