Jenis-jenis Ruam Anak dan Pengobatannya


ruam pada anak balita



Dalam berbagai kasus, ruam biasanya tidak berbahaya. Tapi, tidak menutup kemungkinan menjadi penyakit yang serius. Jika seorang anak sedang dalam kondisi sehat dan tidak memiliki gejala lain, Anda cukup amati ruamnya selama beberapa hari.


Biasanya ruam akan hilang tanpa pengobatan. Jika ruam disertai demam tinggi, sulit bernapas, muntah, serta menunjukan gejala lainnya. Bawalah anak Anda ke dokter, karena Anda akan kesulitan untuk menggambarkan ruam melalui telepon. Salah satu jenis ruam bisa memiliki penyebab yang berbeda. Dokter akan mencatat dan memeriksa sehingga dapat memberikan penanganan yang tepat.


Ruam Disebabkan oleh Alergi: Gatal- gatal

Ruam alergi yang paling umum adalah gatal-gatal. Ruam yang sangat gatal yang terdiri dari bekas luka besar di permukaan tubuh, melingkar dengan pusat berwarna pucat.


Gatal- gatal dapat dihasilkan dari reaksi alergi terhadap obat-obatan, infeksi virus, sengatan atau gigitan serangga, atau makanan. 8 Makanan Ini Paling Sering Menyebabkan Alergi pada Anak Jangka waktu ruam biasanya 3 - 4 hari. Gatal-gatal terlokalisir biasanya menunjukkan kontak langsung dengan zat yang tidak dapat ditolerirnya, seperti tanaman, serbuk sari, atau makanan.



Ruam Popok


Kulit bayi 30% lebih tipis daripada kulit orang dewasa. Kulit bayi yang tipis dan lembut sangat rentan mengalami ruam. Meski umumnya ruam pada bayi tidak berbahaya, kondisi ini juga bisa menyebabkan reaksi radang yang hebat dan akhirnya timbul bekas kecokelatan atau putih di kulit. Bila kasus ruam sudah parah dan tidak segera diobati dengan baik, maka jaringan bagian kulit tersebut akan rusak dan rentan terkena infeksi.


Biasanya ruam kulit pada bayi disebabkan oleh produk-produk perawatan yang tidak cocok dengan kondisi kulitnya, seperti bedak, sabun, losion, sampo, atau minyak gosok. Ruam juga bisa disebabkan oleh pemakaian popok sekali pakai yang terlalu lama yang menimbulkan ruam popok atau diaper rash.


Meski bukan tergolong penyakit kulit yang serius, ruam popok sangat mengganggu bayi dan membuatnya rewel. Bila dibiarkan bisa berkembang menjadi infeksi jamur atau infeksi bakteri. Untuk mengatasi ruam pada kulit bayi, bisa digunakan krim pelembap.


Salah satu jenis krim yang bisa Anda gunakan adalah PureBB Rash Cream. PureBB Rash Cream mengandung 10% zinc oxide yang mampu mengatasi ruam dan kemerahan di kulit. Kandungan minyak jojoba dan dexpatenol 5% pada PureBB Rash Cream berfungsi sebagai pelembap yang mempercepat penyembuhan. Krim ruam ini juga tidak mengandung pengawet, parfum sintetis, alkohol, dan paraben. PureBB Rash Cream bahan kandungannya juga sudah Low Hazard standar Eropa, ditambah sudah teruji hypoallergenic sehingga aman digunakan siapa saja, bahkan untuk bayi dan di area muka sekalipun.

PureBB Rash Cream hadir sebagai solusi bagi para Mama untuk membantu mengatasi masalah iritasi kulit pada bayi terutama ruam popok. PureBB Rash Cream bisa Mama beli di Shopee



Ruam Akibat Infeksi Lokal:


1. Luka yang terinfeksi


Luka yang terinfeksi terjadi saat luka ringan akibat iritasi kulit, goresan, luka, atau gigitan menjadi terinfeksi oleh bakteri di permukaan kulit, pada selaput lendir, atau dari sumber luar.


Luka menjadi merah dan lembap, nanah dan kekuning-kuningan muncul, dan kulit di sekitarnya menjadi bengkak dan empuk karena peradangan. Kelenjar getah bening anak bisa menjadi bengkak di daerah sekitarnya dan demam bisa terjadi. Gejala 4 Penyakit Ini Ruam dan Demam. Bagaimana Membedakannya? Jika anak menggores luka, bakteri bisa menyebar ke kulit dan menimbulkan lebih banyak luka.



2. Impetigo

Impetigo bisa terjadi pada bagian manapun dari tubuh yang memiliki luka atau pecah di kulit. Ruam biasanya terjadi akibat goresan, gigitan, atau iritasi ringan yang telah terinfeksi bakteri streptokokus atau staphylococcus. Biasanya diobati dengan antibiotik topikal atau oral.



3. Selulitis

Selulitis adalah infeksi kulit lokal yang disebabkan oleh bakteri streptococcus. Kulit menjadi bengkak, panas, dan merah di satu area yang jelas terlihat dari kulit yang sehat.


Seringkali, tidak ada titik masuk yang jelas di kulit bakteri. Terkadang hal itu bisa disertai demam dan kondisi umum yang berkurang. Selulitis harus segera ditangani, karena infeksi dapat menyebar dengan cepat.



Ruam Jamur

Ruam jamur adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh dua jenis jamur tertentu: tinea dan kandida. Infeksi tinea, juga dikenal sebagai kurap, adalah lesi berbentuk oval atau berbentuk cincin dengan kulit tampak normal di bagian tengah dan bagian yang gatal, bersisik, dan sedikit terangkat di sekitarnya. Ruam bisa ditemukan di kulit kepala, wajah, badan, atau kuku.


Infeksi Candida dapat terjadi pada bayi sebagai sariawan oral, seperti lapisan putih pada mukosa lidah atau mulut atau sebagai ruam merah mengkilap di daerah popok (ruam popok yang terinfeksi).


Infeksi Candida dapat terjadi pada anak-anak dari segala usia. Mereka biasanya berada di lipatan kulit lembap, seperti di bawah dagu bayi atau kulit retak di antara jari-jari kaki, disertai rasa gatal dan terkadang perubahan warna kuku.



Kudis
Kudis adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh tungau gatal. Kutu betina beterbangan ke daerah kulit, biasanya hinggap di daerah pergelangan tangan, dan di ketiak.


Bayi bisa mendapatkan kudis di telapak tangan dan telapak kaki mereka. Kudis menyebabkan gatal yang hebat, yang bisa menyebabkan terbentuknya luka, lecet, keropeng, dan kemungkinan infeksi bakteri sekunder. Kudis cukup menular, jadi perawatan segera oleh dokter Anda dianjurkan.



Kutu
Kutu adalah serangga yang bertelur saat menempel pada rambut kepala. Telur menetas setelah kira-kira satu minggu dan menyebabkan gatal pada kulit kepala. Kutu biasanya ditemukan pada garis rambut, di leher, dan di belakang telinga, dan mereka dapat dilihat dengan menggunakan kaca pembesar dan sisir kutu.


Meski kutu cukup menular, perlu diingat bahwa mereka tidak menimbulkan penyakit dan tidak akan membuat anak sakit. Pengobatan yang tepat akan mencegah penyebaran kutu pada anak-anak lain.


 

(Webtorial)
Foto: Shutterstock, dok. PureBB

 

 


Topic

#balita #kesehatananak #ruam #pureBB

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Jenis-jenis Ruam Anak dan Pengobatannya