Lakukan 6 Cara Ini Agar Anak Mau Sikat Gigi

bagaimana cara agar anak mau sikat gigi

Kesadaran untuk membersihkan gigi perlu diajarkan sejak dini. Menurut Juliette Scott, dokter gigi spesialis gigi anak dari Australian Dental Association, kebiasaan merawat gigi dan mulut bisa dimulai sejak bayi berusia 4 bulan. Anda bisa menggunakan kasa steril basah untuk membersihkan bagian dalam mulut si kecil sambil memberi sedikit pijatan pada gusi.

Sebelum umur 1 tahun, penggunaan pasta gigi belum perlu, karena anak belum mengonsumsi makanan padat. Setelah umur 1 tahun, saat anak mulai makan makanan padat, diperlukan pasta gigi untuk melepas perlekatan sisa makanan dari gigi.

Biasakan anak menyikat gigi 2 kali sehari sebagai kebiasaan. Pagi sesudah sarapan dan malam sebelum tidur, sehingga anak akan merasa ada sesuatu yang kurang jika belum menggosok gigi terutama malam sebelum tidur. Kebiasaan menyikat gigi merupakan bekal bagi anak untuk memiliki gigi sehat hingga dewasa kelak.
 
Baca juga: 7 Langkah Bersihkan Gigi dengan Sempurna

Berikut ini 5 cara yang bisa Anda lakukan agar anak mau dan rajin sikat gigi:
 
1.Biarkan Anak Memilih Sendiri Sikat Giginya
Ajak ia ke supermarket, mini market, atau toko online (lebih aman, ya, tidak membawa anak ke area publik) untuk memilih sendiri sikat gigi dan pasta gigi dengan desain dan warna menarik yang ia sukai. Sebelumnya, Anda bisa membuat beberapa pilihan sikat gigi yang terbuat dari bahan aman, memiliki ujung kepala bulat dan kecil, ukuran sesuai, memiliki bulu sikat lembut, dan pegangannya mantap. Pegangan yang licin dapat mengejutkan dan melukai mulut anak. Belikan sikat gigi baru dan buang sikat gigi lama minimal setiap 3 bulan sekali atau ketika sikat sudah mulai rusak.

2. Belikan Pasta Gigi Khusus Untuk Anak
Pasta gigi untuk balita sebaiknya mengandung sangat sedikit fluoride dan bebas detergen serta tidak mengandung pemutih, sehingga tidak berbahaya bila tertelan oleh anak yang belum mampu berkumur dengan baik. Biasanya, pasta gigi anak tidak pedas dan ada cita rasa buah-buahan. Walaupun begitu, jangan banyak-banyak menggunakan pasta gigi untuk anak, ya. Sedikit saja, kira-kira seujung kuku atau sebesar biji beras, lalu ratakan di permukaan sikat giginya.
 
Baca juga: Anak Sering Menelan Pasta Gigi, Berbahayakah?
 
3. Contohkan Gerakan Menyikat Gigi yang Benar
Sikat seluruh permukaan gigi. Gerakkan sikat pada bagian gigi depan dilakukan dengan gerakan menyapu ke atas dan ke bawah, juga bagian luar gigi kiri dan kanan dengan gerakan berputar. Bersihkan juga gigi bagian dalam dan permukaan kunyah gigi. Agar lebih efektif, ajari anak sikat gigi di depan cermin, sehingga ia bisa melihat cara menyikat gigi yang benar.
 
4. Sikat Gigi Bersama Anak
Boleh juga mengajak papa atau kakak, dan buatkan kompetisi kecil-kecilan untuk menentukan siapa yang paling tepat menyikat gigi. Atau, biarkan ia menyikat gigi mama atau papa, lalu lakukan bergantian, Anda yang menyikat giginya.
 
5. Ciptakan Suasana Fun
Saat menyikat gigi, lakukan sekitar dua menit sambil diiringi lagu anak kesukaannya. Jadikan gerakan menyikat gigi seirama dengan irama lagu. Atau, ceritakan dongeng seputar kuman yang menyerang mulut dan ksatria baik yang akan menolongnya.
 
6. Beri Reward
Agar anak makin semangat, beri reward tiap kali anak selesai menyikat gigi. Tidak perlu berupa benda. Pujian dan pelukan sayang adalah hadiah yang bisa membuatnya senang dan bersemangat. Jika dia bisa melakukannya secara rutin selama seminggu, boleh beri dia stiker bergambar lucu.

Baca juga:
Urutan Tumbuh Gigi pada Anak
Saat Anak Tumbuh Gigi, Lakukan 4 Hal Ini!
Masalah Ini Muncul Saat Anak Tumbuh Gigi

Yenny Glenny
Foto: Freepik

 


Topic

#balita #kesehatananak #kesehatanagigianak

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Lakukan 6 Cara Ini Agar Anak Mau Sikat Gigi