Menggugah Selera Makan Si Picky Eater

Anak suka pilih-pilih makanan merupakan salah satu masalah yang paling sering dihadapi orang tua. Memang saat menginjak usia balita, anak sudah mulai rewel dan ingin menentukan sendiri makanan mana yang mereka inginkan. Jika sudah begitu, trik mengolah makanan saja tidak cukup untuk menghadapi anak yang suka pilih-pilih makanan.

Nah, ternyata ada beberapa benda dapur yang dapat menjadi alat untuk menggugah selera makan anak. Adapun benda-benda tersebut adalah:

1.    Mangkuk kertas
Gunakan untuk membungkus berbagai sayuran (irisan wortel, kacang polong, irisan zucchini). Taburi garam, sedikit merica, plus sedikit perasan air jeruk lemon, lalu bungkus dengan mangkuk kertas bergambar lucu. Bakar atau panggang sayuran selama 8-10 menit. Sajikan bungkus sayuran tersebut di atas meja makan, dan ajak si kecil untuk membukanya. Rasanya seperti membuka ‘hadiah’, kan?

2.    Wadah telur
Mangkuk atau tempat untuk menaruh telur rebus kini tersedia dalam berbagai bentuk yang lucu. Cari yang berbentuk tokoh kartun atau binatang yang sedang digemari anak. Telur rebus pun akan jadi teman kesayangan si kecil.

3.    Gelas mini
Anak-anak selalu tertarik dengan benda yang kecil. Jadi, daripada menyajikan jus buah dalam satu gelas besar, lebih baik Anda bagi ke dalam 2 atau 3 gelas kecil. Minum jus dari gelas kecil akan terasa lebih ringan daripada harus menghabiskan satu gelas biasa. Trik ini juga bisa diterapkan untuk makan buah. Taruh potongan buah-buahan dalam 2 atau 3 mangkuk kecil.

4.    Tusuk gigi/tusuk sate
Tusukkan buah, potongan keju, atau potongan sayur (wortel, timun, atau apa pun yang bisa ditusuk) dengan tusuk gigi (lebih seru kalau di ujung tusuk gigi ditempel bendera mini). Lihat saja, semua makanan sehat itu akan dengan cepat berpindah ke mulut mungil mereka.

5.    Hiasan payung

Tahu kan, hiasan payung kecil yang sering ada di minuman cocktail? Benda ini biasanya sukses menarik perhatian si kecil. Selipkan di antara kuntum brokoli, minuman jus atau susu mereka. Jangan lupa, ceritakan pada anak tentang suasana pantai yang seru, seolah-olah Anda berdua sedang bersantai di sana.


6.    Sedotan
Mau yang berulir, lurus, warna-warni, atau putih biasa, sedotan tetaplah sedotan. Selama dimasukkan ke dalam cairan, benda ini akan membuat cairan lebih mudah diminum. Sedotan akan terlihat makin seru bila dimasukkan ke dalam gelas warna-warni di atas meja pajangan.

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Menggugah Selera Makan Si Picky Eater

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia