Sindroma Anak Muntah Berulang

Sindroma muntah berulang (Cyclic vomiting syndrome/CVS) ditandai oleh gejala muntah-muntah berat (beberapa kali dalam waktu satu jam) yang tidak diketahui penyebabnya. Satu kali episode muntah bisa berlangsung selama berjam-jam setiap hari dalam waktu kurang dari satu minggu.

Setiap episode muntah biasanya muncul pada jam yang sama, berlangsung selama durasi waktu yang sama, serta memiliki intensitas yang sama pula dengan sebelumnya. Terkadang serangan muntah disertai pula dengan keluhan sakit perut, diare, demam, pusing, serta sensitivitas terhadap cahaya.
 
Menurut penelitian, CVS menyerang sekitar 2 persen anak berusia sekolah dan bisa menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Meski penyebabnya belum diketahui hingga kini, namun ada sejumlah kondisi yang diketaui bisa memicu CVS, yaitu alergi, pilek, gangguan sinus, stres, makanan tertentu, cuaca panas, kelelahan secara fisik, serta mabuk kendaraan.

Sejumlah ahli menyatakan bahwa CVS berhubungan dengan riwayat migren, meski relasi di antara keduanya masih belum diketahui secara pasti. Berhubung belum ada obatnya, CVS hanya bisa dikendalikan kemunculannya dengan cara berikut ini:
- Cukup tidur dan beristirahat.
- Menghindari stres dan perasaan antusias terhadap sesuatu hal.
- Menjauhi makanan yang dicurigai bisa menjadi pemicu, yaitu keju dan cokelat.
- Menepati jadwal makan 3 kali sehari dan camilan 3 kali sehari secara teratur.

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Sindroma Anak Muntah Berulang