Usir Stres Anak, Ini Caranya!


Anak ternyata juga bisa stres, lho. Bagaimana tidak stres, jika di usia dini, anak sudah mengalami tuntutan-tuntutan dari orang tuanya? Anak yang bahagia adalahanak yang bisa menikmati masa kanak-kanaknya, sehingga terbebas dari stres.

Biarkan anak-anak bebas bermain. Sebagai orang tua, tugas Anda adalah membimbing, bukan menentukan tuntutan-tuntutan. Misalnya, saat bermain, anak-anak bebas menentukan permainan apa yang diinginkannya dan tidak dituntut harus menghasilkan sesuatu, melainkan dihargai prosesnya. Sering-seringlah mengajaknya bermain di luar ruangan dan di alam bebas. Alam dan udara yang segar membuat anak lebih sehat dan bahagia, sekaligus kreatif.

Beri anak ruang untuk mengekspresikan dirinya. Misalnya, biarkan mereka memilih sendiri pakaian yang diinginkannya. Takut pilihannya tidak matching? Berikan beberapa pilihan, lalu biarkan dia memilih salah satunya. Jika tidak ada yang sreg di hatinya, selama pilihannya tidak membahayakan hidupnya, kenapa harus dipermasalahkan? Anak-anak tetap lucu, kok, memakai baju dengan warna dan motif ‘bertabrakan’.

Percayalah, karena happy, mereka cocok pakai apa pun.  Anak juga akan terhindar dari stres jika mendapat cinta yang tulus dari orang tuanya. Selalu luangkan waktu berkualitas untuk masing-masing anak, di mana Anda benar-benar hanya untuk dirinya. Simpan dulu gadget Anda, dan bermainlah bersamanya. Anak akan sangat merasa dicintai ketika mama dan papanya ada seutuhnya untuk dirinya. Jangan lupa untuk kerap mendekapnya dengan penuh sayang dan mengucapkan, “Aku sayang kamu, Nak!”, karena itu membuat anak merasa nyaman, aman, dan dicintai.

Baca juga: 4 Pemicu Anak Stres

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Usir Stres Anak, Ini Caranya!