Infeksi Telinga Tengah pada Anak

Infeksi telinga tengah adalah infeksi yang terjadi pada rongga telinga tengah (cavum tympani), yang biasanya terjadi akibat adanya peradangan di hidung atau saluran napas atas. Nah, bila tidak diobati, hal tersebut bisa menyebabkan berbagai komplikasi, mulai gendang telinga bolong atau conge sampai infeksi ke otak. Jadi, Anda harus benar-benar memperhatikan masalah ini.
 
Umumkah ini diderita oleh bayi atau anak? Ya. Yang pasti, infeksi telinga tengah lebih sering terjadi pada anak dibandingkan orang dewasa. Ini karena saluran yang menghubungkan telinga-hidung (tuba eustachius) lebih pendek. Lalu, ada beberapa faktor yang menjadi pemicunya, seperti infeksi hidung, tenggorok, dan amandel. Dan, ada gejala-gejala yang ditimbulkannya, yakni nyeri telinga, gangguan pendengaran, dan keluar cairan dari telinga.
 
Sebagai tindakan pertolongan pertama, Anda bisa memberi anak antiinflamasi/peradangan, sesuai petunjuk dokter. Lalu, bawalah ia ke dokter jika anak mengeluh nyeri atau ada rasa tidak enak di telinganya. Nantinya, dokter akan melakukan pengobatan konservatif. Hanya saja, bila sudah terkumpul nanah di balik gendang telinga, dokter akan menusuk gendang telinga sedikit untuk membuat jalur dan nanah pun keluar.
 
Sebenarnya, hal ini bisa dicegah, yakni dengan menghindari pilek yang terlalu lama. Juga, jangan membuang atau menghisap ingus terlalu keras. Apa lagi? Jagalah kesehatan dan daya tahan tubuh anak.
 
 

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Infeksi Telinga Tengah pada Anak