10 Bahaya Merokok

Bagi para Mama, baik yang perokok aktif, apalagi yang pasif, khususnya yang sedang berbadan dua, lebih baik segera jauhi rokok. Sebab, risiko kesehatan atau penyakit-penyakit yang tertulis di kemasan rokok, masih merupakan sebagian saja dari dampak buruk yang dapat dtimbulkan oleh jahatnya rokok. Di bawah ini adalah dampak-dampak lain dari rokok yang tentunya tidak akan Anda inginkan terjadi pada Anda:

1.    National Center for Chronic Disease Prevention and Health, Amerika Serikat melaporkan, wanita perokok berisiko mengalami gangguan kesuburan dan lebih sulit hamil. Semakin banyak batang rokok yang diisap setiap hari, semakin besar risiko mereka mengalami gangguan fertilitas.

2.    Jika Anda berhenti merokok selama hamil, teruskan. Menurut dr Ivan, salah satu efek lain dari merokok adalah meningkatnya risiko kelainan mulut rahim yang berakhir dengan kanker serviks (leher rahim).

3.    Rokok dengan klaim rendah nikotin dan tar seringkali membuat wanita malah sering merokok lebih banyak. Akibatnya, sama saja. Tidak ada bukti, rokok rendah nikotin dan tar menurunkan risiko kanker paru, myocardial infraction, atau chronic obstructive pulmonary disease.

4.    Wanita yang merokok lebih sering mengalami masalah menstruasi, seperti rasa sakit yang hebat menjelang dan selama menstruasi, perdarahan di luar masa menstruasi, menstruasi tidak teratur, dan lebih cepat mengalami menopause.

5.    Wanita yang merokok memiliki risiko lebih besar terkena kanker mulut rahim, kolon, dan payudara.

6.    Rokok membuat risiko wanita mengalami osteoporosis semakin tinggi dibandingkan yang tidak merokok.

7.    Perhatikan jemari dan kuku perokok, jejak nikotin biasanya meninggalkan warna kuning kecokelatan di situ. Gigi pun tampak kuning cokelat, gusinya pun menghitam.

8.    Kandungan rokok juga merusak kolagen pada kulit dan asupan oksigen ke jaringan kulit terluar. Akibatnya wanita perokok lebih cepat berkerut dan memiliki warna kulit wajah kusam dan tidak rata. Tak cuma itu, kulit tubuh seperti pada lengan atas dan payudra pun jadi cepat menggelambir.

9.    Rokok dapat membuat olahraga yang Anda lakukan sia-sia. Performa, ketahanan, dan kekuatan tubuh Anda tidak akan semaksimal jika Anda tidak merokok.

10.    Sebagian orang percaya rokok dapat membuat suara mereka terdengar lebih 'berat' dan seksi. sayangnya itu hanya ilusi, yang terjadi adalah tenggorokan dan pita suara Anda sedang mengalami iritasi. Perokok pun tidak bisa bernapas lebih panjang ketimbang yang tidak merokok.

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

10 Bahaya Merokok

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia