10 Investasi untuk Cantik Berkelanjutan

 

Sulam alis, eyelash extension, full coverage make up, semuanya memang membuat Anda on seketika. Tapi, pernahkah Anda berpikir tentang perawatan kecantikan yang berkelanjutan?
 

Yang dimaksud berkelanjutan adalah menginvestasikan perawatan Anda untuk menghadapi berbagai perubahan kulit karena berbagai faktor seperti higienitas, sinar UV, bahkan usia. Jadi, bukan hanya cantik untuk detik ini saja.
 

Apa saja yang perlu Anda investasikan untuk usia panjang kecantikan Anda?
 

  1. Tidak Memisahkan Handuk Badan dan Wajah

Berapa jumlah handuk aktif yang Anda gunakan? Seperti kebanyakan orang, Anda mungkin menggunakan satu handuk untuk seluruh tubuh dan wajah. Padahal, menurut dermatologis Sejal Shah di New York, AS, bakteri, jamur, sel kulit mati, minyak, dan kotoran lain dari tubuh dapat terkumpul di handuk sehingga dapat menyebabkan infeksi, jerawat, serta iritasi pada kulit wajah.
 

  1. Menggosok Kulit Area Mata saat Membersihkannya

Eye liner dan maskara adalah salah satu produk yang cukup tangguh untuk dibersihkan. Butuh sedikit lebih banyak waktu untuk membersihkannya dibanding riasan lainnya. Anda mungkin menggosok kulit area mata dengan kapas dan eye remover saat membersihkan riasan mata. Tapi, hindari hal itu. Annie Chiu, dokter kulit di Los Angeles, AS, mengatakan bahwa aktivitas berulang tersebut dapat menyebabkan kerutan halus.
 

  1. Perlakukan Seluruh Area Wajah Sebagaimana Anda Memperlakukan Kulit Area Mata

Kulit area mata memang lebih sensitif. Itulah sebabnya, Anda harus selalu sentuh lembut dan hindari menggosoknya. Perlakukanlah kulit wajah Anda sama dengan Anda memperlakukan kulit area mata untuk meminimalisir pembentukan garis halus dan kerutan di wajah Anda.
 

  1. Istirahatkan Bulu Mata Anda

Istirahatkan bulu mata Anda dari pemakaian riasan, setidaknya di akhir pekan saat Anda tak harus pergi ke kantor atau keluar rumah. Berikan bulu mata Anda ruang untuk tumbuh dan bernapas. Anda bisa mengaplikasikan serum untuk merawatnya.
 

  1. Istirahatkan Rambut Anda

Catok rambut bisa jadi salah satu andalan Anda untuk tampil berbeda. Tapi, menggunakan catok rambut—apalagi dengan suhu terlalu tinggi dan tidak dibarengi dengan heat protector—berisiko membuat rambut Anda bercabang, rapuh, dan mudah rontok. Oleh karenanya, istirahatkan rambut Anda setelah mandi sore dan di akhir pekan. Pakai serum serta vitamin untuk menjaga kesehatannya.
 

  1. Pakai Tabir Surya

Sangat penting untuk selalu memakai tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari. Sinar ultraviolet matahari dapat menyebabkan kulit terbakar, flek, penuaan dini, dan bahkan risiko kanker kulit.
 

  1. Catat Tanggal Pembelian Make Up

Pernahkah Anda melakukan ini? Ini penting agar Anda dapat mengetahui kapan produk tersebut sebaiknya tidak digunakan lagi. Banyak orang bertahan menghabiskan produk make up-nya dengan alasan sayang untuk dibuang. Padahal, masing-masing produk punya usia pakai masing-masing mulai dari tiga bulanan hingga tahunan.
 

  1. Tidak Melewatkan Losion

Ada kalanya, lantaran terlalu sibuk, Anda melewatkan memakai losion. Losion sangat penting untuk menghidrasi, mengikat kelembapan di lapisan kulit Anda sehingga membuatnya lebih elastis. Waktu terbaik untuk menggunakan losion adalah setelah mandi. Tapi, Anda bisa mengaplikasikannya ulang kapan pun Anda membutuhkannya ketika kulit terasa kering.
 

  1. Rutin Bersihkan Kuas dan Spons Make Up Anda

Tidak hanya wajah Anda saja yang perlu dicuci. Kuas dan spons make up Anda pun perlu dicuci rutin untuk menghilangkan bakteri dan kotoran yang menempel. Kuas dan spons yang kotor berisiko membuat wajah Anda iritasi dan mudah berjerawat.
 

  1. Makan Sehat dan Banyak Konsumsi Air

Sayur dan buah mengandung vitamin yang penting untuk menutrisi kulit dari dalam. Di samping itu, menghidrasi tubuh dengan air juga sangat berdampak bagi kesehatan kulit.

 

Baca juga:

Pentingnya Perawatan Kecantikan di Usia 30

6 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kecantikan

Di balik mitos kecantikan

Langkah Mudah Mendapatkan Kembali Kulit Muda Bercahaya

Kulit Kering Selama #dirumahsaja, Ini 5 Penyebabnya

 

LELA LATIFA

FOTO: FREEPIK

 

 

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

10 Investasi untuk Cantik Berkelanjutan

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia