4 Bahan Makanan Penghasil Kolagen Alami




Saat mendengar kata 'kolagen', hal yang mungkin langsung terlintas di pikiran Anda adalah 'kecantikan kulit'. Ya, Anda pasti sudah sering membaca komposisi kosmetik maupun rangkaian perawatan kulit lain yang mencantumkan kolagen. Bahkan, di tempat pusat estetik pun hampir tidak ada yang melewatkan kata 'kolagen' sebagai jenis perawatan yang ditawarkan.
 
Kolagen adalah protein yang paling umum ditemukan dalam tubuh. Briana Elliot. M.S., R.D., L.D., seorang ahli gizi di Minneapolis, Minnesota mengatakan bahwa bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit dan menjaganya tetap elastis untuk mencegah penuaan dini. Kolagen juga dapat meningkatkan kesehatan rambut dan kuku. Di samping itu, Elliot juga mengatakan bahwa kolagen tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan saja. Ia merinci bahwa kolagen punya manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mencegah osteoporosis, meningkatkan massa otot, meringankan nyeri sendiri, dan meningkatkan kesehatan jantung.
 
Berikut ini adalah empat bahan makanan yang dapat menghasilkan kolagen secara alami :
 

1. Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki efek menenangkan dan penyembuhan. Oleh karenanya, penggunaan lidah buaya atau aloevera sebagai kandungan produk perawatan kulit bisa Anda temui dengan mudah di pasaran.
 
Dr. Amar Uttamrao Surjushe, seorang dermatologis dari Gokuldas Tejpal Hospital, Mumbai, Maharashtra, India dalam penelitiannya menunjukkan bahwa tanaman lidah buaya dapat  merangsang pertumbuhan sel yang meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Anda bisa mengaplikasikannya dengan mengoleskannya langsung ke kulit atau mengonsumsinya.
 

2. Buah Beri
Buah beri seperti blueberry, stroberi, raspberry, atau blackberry kaya akan vitamn C. Vitamin C dapat membantu sintesis asam hialuronat yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di tubuh manusia.
 
Kellyan Petrucci, M.S., N.D., seorang ahli naturopati dan konsultan ahli gizi di New York dan Los Angeles mengatakan bahwa buah beri memiliki manfaat kombo dalam menjaga kesehatan kulit karena ia sekaligus menghasilkan antioksidan yang dapat memerangi radikal bebas—yang dapat merusak kulit. Anda bisa mengonsumsinya rutin tiap hari atau memakai produk yang memiliki kandungan beri.
 

3. Ginseng
Ginseng adalah salah satu bahan herbal yang banyak digunakan dalam pencegahan berbagai macam penyakit seperti kanker atau diabetes. Di samping itu, bahan makanan yang berupa akar tanaman ini menurut Eunson Hwang, Ph.D., seorang ahli biotekbologi dari Departemen pengobatan oriental di Kyung Hee University, Seoul mengatakan bahwa gingseng memiliki manfaat dalam menghasilkan kolagen dan memiliki efek antipenuaan. Ginseng dapat membantu kulit mempertahankan bentuk aslinya.
 
Menurut Hwang, ginseng juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV B. Gingseng juga dapat menghasilkan antioksidan. Anda bisa mengonsumsi suplemen ginseng atau teh yang mengandung ginseng.
 

4. Bawang Putih
Bumbu yang bisa Anda temukan di dapur ini menurut Petrucci memiliki kandungan asam lipoat dan taurin yang membantu memperbaiki kolagen yang rusak. Anda bisa mencampurkannya ke dalam bumbu masakan Anda.
 
Baca juga:
Cegah Kulit Keriput Berkat Kolagen
Hemat! Manfaatkan 7 Pelembap Kulit dari Bahan Dapur
Kelebihan Hormon Ini Sebabkan Kulit Berjerawat
5 Solusi Cerdas untuk Kulit Kering
 
LTF
FOTO: FREEPIK

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

4 Bahan Makanan Penghasil Kolagen Alami