5 Tanda Tubuh Kekurangan Protein

5 tanda tubuh kekurangan protein


Protein adalah sumber energi bagi tubuh selain lemak dan karbohidrat. Malahan, saat ini banyak yang mengatur pola makan dengan cara mengurangi konsumsi karbohidrat dan memperbanyak protein untuk menjaga berat badan. Tak hanya itu, konsumsi protein juga baik untuk orang yang berniat untuk membentuk otot.
 
Dawn Jackson Blatner, R.D., penulis The Flexitarian Diet mengatakan bahwa walau banyak sumber protein yang tersedia, nyatanya masih banyak yang kekurangan protein. Ia mengatakan bahwa yang menjadi sulit untuk mengidentifikasi kekurangan protein adalah perhitungannya sulit untuk dipastikan. “Jika seseorang mengonsumsi makanan 2.000 kalori, itu bisa menjadi 50 gram hingga 150 gram protein per hari," ujarnya. Jadi, tidak ada angka pasti.
 
Akan tetapi, lupakanlah hitung menghitung. Blatner memberikan informasi bahwa Anda bisa melihat tanda kekurangan protein dari hal-hal berikut ini:
 

1. Ingin yang Manis-Manis
Anda mungkin berpikir bahwa saat tubuh kekurangan protein, maka Anda jadi ingin makan steak, ayam, rendang, telur, atau yang lainnya. Tidak. Salah satu tanda awal kekurangan protein adalah Anda jadi mendambakan makanan yang manis. Bahkan, Anda tidak merasa kenyang.
 
Blatner menjelaskan bahwa salah satu fungsi protein yang paling penting adalah menjaga gula darah Anda tetap stabil. Artinya, jika Anda kekurangan protein, tubuh akan terdorong Anda untuk mengambil solusi cepat seperti makanan yang manis untuk menjaga kadar glukosa tetap stabil.
 
Baca juga: Ingin Makan yang Manis-manis atau Junk Food, Hati-hati Emotional Hunger!
 

2. Kehilangan Fokus
Gula darah yang seimbang penting untuk tetap fokus. Jadi, ketika Anda kekurangan protein dan keseimbangan gula darah terganggu, Anda jadi lebih susah fokus. Anda mungkin tak terasa menjadi lebih sulit menyelesaikan pekerjaan kantor atau bahkan mudah lupa.
 

3. Rambut Rontok
Protein adalah bahan penyusun semua sel,termasuk folikel rambut. Ia mengatakan bahwa jika tubuh secara kronis kekurangan nutrisi penstabil kulit kepala, maka ada kemungkinan Anda mendapati helaian rambut mulai menipis.


4. Merasa Loyo
Kita semua tahu bahwa protein sangat penting untuk membangun otot. Dan jika Anda tidak mendapatkan cukup, otot Anda mungkin mulai menyusut seiring waktu, kata Blatner. Akibatnya, Anda mungkin merasa lemah dan tidak dapat melakukan latihan yang pernah Anda kuasai.


5. Mudah Sakit
Protein juga berfungsi untuk membangun sistem kekebalan tubuh kita. Saat tubuh kekurangan protein, maka ada kemungkinan Anda jadi lebih sering terkena pilek atau infeksi dibanding orang lain.
 

Baca juga:
Resep: Zucchini Isi Daging, Super Lezat!
Kreasi Makanan Olahan Daging Sapi
Resep: Bistik Bola Daging Saus Jamur
Cegah Stretchmarks Di Kulit Dengan 5 Bahan Alami Ini
6 Tanda Penuaan yang Tidak Dapat Dihindari
 
 
LTF
FOTO: FREEPIK

 


Topic

#duniamama #kesehatanmama #selfcare

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

5 Tanda Tubuh Kekurangan Protein