7 Langkah Merawat Wajah Bila Terlalu Sering Pakai Masker Kain


 


Keharusan pakai masker saat keluar rumah di masa pandemi ini ternyata tidak ramah kulit bagi sebagian orang. Tak sedikit yang mengeluhkan timbulnya jerawat lantaran harus terlalu sering pakai masker di wajah.
 
dr. Arini Astasari Widodo, Sp. KK, skin specialist, mengatakan bahwa pemilihan bahan masker dan cara mengenakannya harus tepat. Pilih bahan yang lembut seperti kain katun dan memiliki pori-pori. Mengenakannya juga harus benar, seperti jangan terlalu kencang karena akan menimbulkan bekas. Sebaliknya bila terlalu longgar akan menyebabkan gesekan yang berisiko mengiritasi dan menyebabkan jerawat.
 
Selain memilih bahan masker dan mengenakannya dengan tepat, penting bagi Anda untuk mempraktikkan perawatan wajah yang tepat. Apa saja yang bisa Anda lakukan?


1. Pilih Pembersih Wajah dengan Formula Ringan

Mengenakan masker membuat tingkat kelembapan di area wajah yang tertutup meningkat dan lebih rentan berminyak. Oleh karenanya, pastikan wajah bersih sebelum mengenakan masker agar wajah lebih ‘siap’ dan cuci wajah lagi setelahnya untuk membersihkan kelebihan minyak di wajah serta kotoran lainnya. Anda bisa menggunakan sabun pembersih wajah dengan formula yang ringan maupun yang mengandung salicylic acid untuk mencegah jerawat.

2. Tidak Pakai Riasan Berlebih

Pastikan area wajah yang tertutup masker tetap bisa bernapas dengan menghindari menggunakan riasan berlebih. Ini bertujuan untuk meminimalisir risiko penyumbatan pori-pori kulit yang dapat memicu jerawat.

3. Pakai Pelembap Rutin

Rutin aplikasikan pelembap setelah mencuci wajah. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki skin barrier, mengurangi risiko iritasi, serta memperbaiki tekstur kulit.

4. Pakai Rangkaian Skin Care Acne Treatment Series

Gunakan rangkaian skin care yang khusus untuk perawatan jerawat. Skin care ini dapat mengurangi produksi minyak, mengecilkan pori-pori, dan mengurangi peradangan jerawat.

5. Pakai Spray Water

Kulit yang kering lebih rentan mengalami iritasi. Pakai spray water untuk menjaga kelembapan wajah. Semprotkan bila kulit wajah Anda terasa kering. Anda juga bisa menggantinya dengan membilas dengan air biasa.

6. Rutin Pakai Masker Wajah

Selain menggunakan skin care rutin, Anda bisa menambahkan masker ke rangkaian perawatan kulit wajah Anda. Gunakan masker berbahan tea tree atau charcoal untuk kulit wajah yang berminyak dan acne prone. Sementara, untuk kulit yang kering, Anda bisa menggunakan masker lidah buaya.

7. Penuhi Kebutuhan Cairan

Kekurangan cairan juga berimbas kepada kulit yang kering. Oleh karenanya, pastikan jumlah kebutuhan cairan harian Anda terpenuhi. Jangan lupa, minum air putih 8 gelas sehari, ya!
 
 
Baca juga:
3 Langkah Pakai Masker Kain yang Benar
8 Waktu Wajib Memakai Masker
Mengenal 2 Masker untuk Antisipasi Virus
Benarkah Masker Efektif Mencegah Penularan Virus Corona?
3 Cara Pakai Masker Ini Salah, Ancam Kesehatan Pernapasan Anda
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK
 

 
 
 


Topic

#corona #coronavirus #covid19 #covid-19

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

7 Langkah Merawat Wajah Bila Terlalu Sering Pakai Masker Kain

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia