8 Waktu Wajib Memakai Masker


 

Masker wajah merupakan benda yang penting untuk digunakan oleh keluarga Anda di beberapa waktu tertentu. Masker wajah umumnya terdiri dari 1 - 3 lapis kain datar atau lipit yang dipakai dengan memasang talinya ke telinga. Benda yang menutupi bagian tulang hidung atas sampai dagu ini akan melindungi hidung dan mulut Anda dari kontaminasi di lingkungan sekitar Anda.
 
Bagaimana Masker Wajah Bisa Melindungi?
Masker wajah yang dipakai dengan benar akan melindungi Anda agar tidak terkontaminasi virus dan bakteri. Sebaliknya, masker wajah juga mencegah Anda menyebarkan virus atau bakteri.
 
Menurut US Food & Drug Administration, masker wajah dapat menahan tetesan partikel besar, percikan, semprotan yang mungkin mengandung kuman, virus, dan bakteri agar tidak mencapai mulut dan hidung penggunanya. Selain itu, masker wajah juga dapat mengurangi paparan air liur serta sekresi pernapasan orang lain pada Anda.
 
Kapan Harus Pakai?


1. Saat Sedang Sakit

Pastikan anggota keluarga Anda yang sedang sakit batuk atau pilek menggunakan masker wajah. Tetesan kecil ludah atau lendir yang membawa virus dapat terbawa melalui udara dan menyebar ke orang lain di sekitar mereka dan berisiko menularkan penyakit tersebut padanya. Sehingga menggunakan masker saat Anda sedang sakit dapat dikatakan sebagai bentuk tanggung jawab untuk tidak menyebarkannya pada orang lain.

2. Saat Sedang Ada yang Sakit.

Pakaikan anak-anak masker apabila mengetahui bahwa temannya ada yang sedang sakit. Hal ini akan menjaga anak Anda agar tidak terkontaminasi virus dari temannya. Imun anak yang sedang lemah akan membuatnya mudah tertular. Selain itu, biasakan keluarga Anda untuk memakai masker saat sedang menjenguk orang yang sedang sakit.

3. Saat Sedang Ada Virus Musiman

Centre for Disease Control and Prevention menyarankan agar warga menggunakan masker saat bepergian ke mana pun saat sedang ada virus musiman seperti influenza. Hal ini bertujuan untuk mencegah lebih banyak lagi transmisi virus tersebut.

4. Saat Mengantre di Rumah Sakit

Banyak orang datang ke rumah sakit untuk berobat. Anda tentu tidak tahu penyakit apa saja yang sedang mereka derita. Untuk itu, masker akan melindungi Anda dari risiko terkontaminasi. Selain itu, pastikan anak-anak juga mengenakan masker. Saat bosan mengantre, mereka mungkin memilih bermain di playground rumah sakit. Di situlah mereka berinteraksi dan berbagi mainan dengan anak-anak lainnya, baik yang sehat ataupun yang sedang sakit. Sehingga, mereka akan lebih terlindungi jika menggunakan masker.

5. Saat Sedang Naik Angkutan Umum

Menaiki angkutan umum yang penuh dan berdesakan dengan penumpang lain tentu memiliki risiko bagi Anda. Anda bisa saja terkontaminasi virus, bakteri, atau kuman dari penumpang lain. Hal ini sangat penting apabila Anda sudah tahu apabila sedang ada virus musiman seperti yang sudah dikatakan sebelumnya.

6. Saat Sedang di Jalan Raya

Ada banyak motor, mobil, atau bus yang berseliweran di jalan raya. Jika Anda sedang berada di tepi jalan atau sedang berjalan di trotoar, sangat besar kemungkinan bagi Anda untuk menghirup polusi dari knalpot kendaraan-kendaraan tersebut. masker akan melindungi Anda menghirup polutan berlebih.

7. Saat Menyiapkan Makanan

Bagi Mama atau asisten rumah tangga yang sedang sakit sebaiknya menggunakan masker saat sedang menyiapkan makanan. Anda mungkin sudah berhati-hati untuk tidak bersin atau batuk di hadapan makanan, tapi bisa saja sekresi pernapasan Anda yang mengandung virus mencemari udara dan mengontaminasi makanan.

8. Saat Sedang Menyusui

Ini juga berlaku untuk Mama atau pengasuh yang sedang sakit. Pastikan Anda menggunakan masker agar si kecil tidak tertular penyakit Anda.
 

Aturan Pakai Masker
Masker wajah tidak dapat digunakan lebih dari 1 kali. Masker juga tidak dapat dicuci. Apabila masker rusak atau kotor dan Anda jadi kesulitan bernapas melalui masker, sebaiknya Anda segera mengganti masker.
 
US Food & Drug Administration mengingatkan agar masker bekas pakai dibuang. Untuk membuang masker, Anda harus memasukkannya dulu ke plastik sebelum diletakkan ke tempat sampah. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan setelah membuang masker Anda.
 
 
Baca juga:
Mengenal 2 Masker untuk Antisipasi Virus
5 Aturan Memakai Masker yang Benar untuk Cegah Corona
Benarkah Masker Efektif Mencegah Penularan Virus Corona?
3 Cara Pakai Masker Ini Salah, Ancam Kesehatan Pernapasan Anda
2 WNI Positif Corona, Siapa Saja yang Harus Pakai Masker?
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK
 


Topic

#corona #coronavirus #covid19 #covid-19

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

8 Waktu Wajib Memakai Masker

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia