8 Cara Dapatkan Golden Time Tiap Pagi untuk Jalani Hari Lebih Baik



Sebagai seorang ibu, saya barangkali berada di pihak Anda dengan mengatakan bahwa pagi hari adalah waktu yang menakutkan. Ya, semua tuntutan pekerjaan ibu sudah menunggu bahkan sejak Anda membuka mata. Memasak sarapan untuk seluruh keluarga, menyiapkan seragam dan peralatan sekolah si sulung, menyusui dan memandikan si bayi, serta membantu suami bersiap sebelum ke kantor. Belum lagi, bila Anda bekerja, Anda tentu harus menyiapkan kebutuhan Anda sendiri.
 
Pekerjaan yang tidak sedikit itu harus diselesaikan dalam waktu yang tidak panjang. Itulah mengapa saya menganggapnya menakutkan. Suasana hati dan pikiran yang tidak baik di pagi hari bisa-bisa merusak sepanjang hari saya. Semuanya jadi runyam dan serba mengesalkan. Barangkali Anda juga mengalaminya.
 
Oleh karenanya, saya harus selalu mendapatkan the golden time tiap pagi. Tujuannya adalah untuk memompa hati, pikiran, dan tubuh agar lebih baik dalam menjalani hari.
 
8 trik dari Sarah Garone, N.D.T.R., registered nutrition and dietetic technician dari Jerman ini dapat membantu dalam mendaptkan the golden time sehingga Anda bisa lebih baik dalam menjalani hari.


1. 2x Bunyi Alarm

Sebagian dari Anda langsung terbangun begitu alarm berbunyi. Namun, sebagian yang lain mungkin saja menekan tombol ‘tunda’ dan melanjutkan tidur kembali hingga alarm berikutnya berbunyi. Manakah yang lebih baik?
 
Sarah menyampaikan hasil penelitian yang dilakukan oleh Saint Luke’s Medical Center, Chicago, AS, mengenai sleep fragmentation. Penelitian ini menunjukkan bahwa ketika Anda langsung terbangun begitu mendengar alarm berbunyi, maka artinya Anda segera memutus fase tidur REM (Rapid Eye Movement) Anda. Hal ini dapat menyebabkan Anda merasa kelelahan atau pusing.
 
Penelitian ini merekomendasikan agar Anda kembali tidur setelah alarm pertama berbunyi dan baru bangun di bunyi alarm kedua. Namun, ada jeda waktu yang perlu Anda perhatikan. Cobalah siklus 90 menit, yakni satu alarm 90 menit sebelum Anda ingin bangun dan satu lagi di jam Anda benar-benar ingin bangun. Di dalam 90 menit tersebut, Anda akan memiliki siklus tidur yang cukup memungkinkan Anda bangun setelah keadaan REM, bukan selama. Sehingga, keadaan REM tidak terputus mendadak. Ini dapat membuat Anda lebih baik dalam menjalani hari.


2. Langsung Minum Segelas Air

Pernahkah Anda bangun dan merasa kelelahan? Kelelahan adalah gejala klasik dari dehirasi. Di samping itu, dehidrasi dapat menyebabkan penurunan kemampuan kognitif, suasana hati yang buruk, dan perasaan kantuk. Anda tentu tidak ingin hal tersebut merusak hari Anda. Maka segera penuhi gelas Anda dan teguklah setiap bangun tidur.

3. Yoga

Saat Anda tidur, otot-otot tubuh Anda lumpuh. Ini yang membuat Anda merasa lemas saat bangun tidur. Untuk mengaktifkannya kembali, cobalah untuk melakukan peregangan tubuh dengan yoga. Lakukan paling tidak 20 menit untuk melepaskan endorfin yang dapat merangsang energi dan fungsi otak.

4. Cuci Muka

Air yang masih terlalu dingin sering kali menjadi alasan untuk menunda waktu mandi. Akhirnya, Anda pun mulai menyiapkan semua keperluan pagi anggota keluarga tanpa mandi. Tapi, ada baiknya Anda tetap cuci muka, Ma. Aliran air dingin dapat memberi sinyal perubahan suhu pada tubuh sehingga tubuh akan berperforma lebih baik dalam menjalani hari. Anda juga bisa mencoba trik menyimpan air bersih di dalam botol spray dan menyemprotkannya ke seluruh permukaan wajah tiap bangun tidur.

5. Buka Pintu Anda

Buka pintu Anda dan keluarlah ke halaman.  Pergi ke luar di pagi hari dapat mengaktifkan otak Anda. Di samping itu, sinar matahari yang menerpa tubuh Anda dapat menambah kadar serotonin yang dapat meningkatkan energi di siang hari. Tak hanya itu, menghabiskan waktu di alam juga membuat Anda menjadi ‘lebih hidup’.

6. Atasi Stres Anda

Buatlah daftar tentang apa saja yang harus Anda lakukan. Anda juga bisa melakukan meditasi atau mendengarkan instrumen musik yang lembut untuk menciptakan ketenangan sebelum hari Anda dimulai.

7. Sesuatu yang Dinanti-nanti

Hadiahi diri Anda sendiri dengan sesuatu yang dinanti-nanti. Itu bisa jadi sebuah perjumpaan dengan kawan lama, makan malam romantis dengan pasangan, atau sekadar berendam air hangat beraroma wangi. Memikirkan semua hal menyenangkan yang dinanti dapat membuat Anda merasa lebih baik di pagi hari.

8. Tidur Cukup

Last but not least, kalau Anda ingin bangun di pagi hari dan mendapatkan golden time, tentu Anda harus menyiapkannya sejak malam—tidur. Tidurlah yang cukup untuk mengoptimalkan waktu istirahat Anda sehingga Anda bangun dalam kondisi yang lebih baik. Matikan layar satu jam sebelum tidur dan ciptakan suasana ruangan yang nyaman.
 
 
Baca juga:
4 Kesalahan Asupan di Pagi Hari
Minum Air Lemon Hangat di Pagi Hari, Ini 10 Manfaatnya!
Sambut Pagi lebih Bahagia
Pembangkit Mood di Pagi Hari
Cara Mudah Bangunkan Anak di Pagi Hari
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: PIXABAY

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

8 Cara Dapatkan Golden Time Tiap Pagi untuk Jalani Hari Lebih Baik

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia