Minum Air Lemon Hangat di Pagi Hari, Ini 10 Manfaatnya!



Lemon dipercaya memiliki kandungan kalsium, magnesium, vitamin C, bioflavonoids, pektin, dan limonene (bahan yang dapat meningkatkan kekebalan dan melawan infeksi). Saat diminum hangat (setengah lemon campur segelas air hangat), zat-zat penting dalam lemon lebih mudah terserap tubuh dan optimal memberi manfaat.

Berikut 10 manfaat meminum air lemon hangat setiap pagi menurut Beth Manos Brickey terapis nutrisi dari California, Amerika Serikat.

1. MEMBILAS RACUN
Lemon kaya vitamin dan mineral yang dapat membilas racun dan endapan sisa makanan di saluran pencernaan, memperlancar buang air kecil, memaksimalkan produksi enzim yang menstimulasi hati dalam proses detoksifikasi.

2. MERINGANKAN GANGGUAN PENCERNAAN
Air lemon hangat dapat membantu meringankan gejala gangguan pencernaan, seperti, sering bersendawa, panas di lambung, mulas, dan kembung.

3. MENGAKTIFKAN PENCERNAAN
The American Cancer Society merekomendasikan air lemon hangat pada penderita kanker pencernaan karena dapat menstimulasi aktivitas saluran pencernaan.

4. MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH
Kandungan vitamin C dalam lemon bermanfaat melawan flu. Asam askorbat (vitamin C) dari lemon memiliki efek antiinflamasi yang meringankan gejala asma dan meningkatkan penyerapan zat besi sehingga kekebalan tubuh pun optimal.

Baca juga: Agar Anak Tidak Gampang Sakit, Tingkatkan Kekebalan Tubuhnya dengan 6 Kebiasaan Ini

5. MERINGANKAN GEJALA FLU
Mengandung saponin yang memiliki efek antimikroba, bermanfaat meringankan gejala flu dan batuk, menurunkan produksi dahak.

6. MENSTABILKAN PH DARAH
Mengandung sitrat dan asam askorbat, yang mudah dimetabolisme sehingga kandungan mineral lemon pun mudah masuk ke dalam darah. Hasil akhirnya, pH darah menjadi stabil atau tidak asam, sehingga penyakit tidak mudah menginfeksi. Inilah mengapa, lemon dikatakan sebagai makanan bersifat paling alkali bagi tubuh manusia.

7. MENCERAHKAN KULIT
Lemon yang kaya vitamin C dan antioksidan bermanfaat mengurangi keriput dan noda di kulit. Selain itu, sifat alkali air lemon dapat membantu mengurangi bakteri penyebab jerawat.
 
Baca juga: 3 Masalah Kulit yang Sering Dikeluhkan Selama Pandemi

8. MEMPERBAIKI MOOD
Aroma lemon dapat mencerahkan suasana hati (mood), menambah energi, dan membersihkan pikiran.

9. MENYEGARKAN NAPAS
Air lemon bisa menyegarkan napas, meringankan sakit gigi dan infeksi gusi (gingivitis).

10. MEMBANTU PENURUNAN BERAT BADAN
Kandungan serat pektin dalam lemon membantu mengurangi nafsu makan berlebih. Penelitian menunjukkan, orang yang melakukan diet alkali mampu menurunkan berat badan lebih cepat dari yang tak melakukannya.
 
Baca juga:
3 Daftar Bahan Sarapan Terbaik untuk Keluarga
Resep: Fresh Lemonade
Salad Buah Saus Yogurt Lemon
 
Foto: 123rf
Updated: Juni 2022

 


Topic

#duniamama #kesehatan #selfcare

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Minum Air Lemon Hangat di Pagi Hari, Ini 10 Manfaatnya!