9 Langkah Menyempurnakan Kualitas Tidur Anda


Tidur adalah sebuah kemewahan bagi Anda. Sayangnya, tidak semua ibu bisa mendapatkan jumlah jam tidur cukup dan berkualitas. Hal ini bisa saja dikarenakan Anda tidur cukup larut lantaran harus menyiapkan semua perlengkapan keluarga untuk esok pagi dan wajib bangun pagi untuk memasak sarapan keluarga, dan sederet aktivitas lainnya.
 
Dampaknya, menurut dokter yang fokus pada kesehatan perempuan dan manajemen berat badan di London, Dr. Dawn Caroline Harper, sistem imun Anda bisa terganggu. Selain itu, kurang tidur juga dapat membuat Anda merasa nyeri di beberapa bagian tubuh, kesulitan berkonsentrasi dan membuat keputusan, serta rentan stres.
 
Tidur Malam = Battery Recharge
Tidur malam yang baik adalah hal yang sangat penting untuk tubuh dan emosi Anda. Anda membutuhkan “battery recharge sleep,” ujar Dr. Dawn. Untuk itulah, Anda perlu mendapatkan non rapid eye movement (NREM) atau sering disebut pula dengan deep sleep yang cukup agar tubuh dan pikiran Anda benar-benar teristirahatkan. Studi menyebutkan bahwa waktu tidur yang ideal untuk orang dewasa adalah setidaknya 7-9 jam.
 
Lalu bagaimana sih, agar Anda mendapatkan tidur yang berkualitas?
 

1. Buat jadwal

Tak hanya bayi dan anak-anak yang harus mematuhi jadwal tidur, Anda pun harus demikian. Ini akan membantu Anda agar lebih tertib dalam kehidupan. Tidurlah di jadwal yang sudah Anda buat.
 

2. Atur suhu dan pencahayaan kamar

Hal ini dapat membantu Anda agar tidur lebih baik. Anda bisa membuat lampu di kamar lebih redup dan suhu lebih rendah, yakni di bawah 26°C. Hal tersebut akan menjadi sinyal bagi otak untuk segera tidur.
 

3. Berhenti bekerja

Berhentilah bekerja paling tidak 1 jam sebelum waktu tidur. Hal ini akan memberi Anda waktu untuk rehat sejenak dan menyingkirkan beban pekerjaan dari pikiran agar tidak mengganggu saat tidur.
 

4. Mandi air hangat

Mandi air hangat sebelum tidur dapat membuat tubuh merasa rileks. Suhu hangat akan membantu melemaskan otot-otot Anda sehingga membuat lebih mudah tertidur.
 

5. Jangan main ponsel atau nonton TV

Cahaya dari peralatan elektronik ini akan membuat otak aktif bekerja. Selain itu, juga dapat membuat mata lelah. Bermain ponsel terlalu lama juga dapat menyebabkan rasa nyeri di leher serta bahu. Tak hanya itu, radiasi dari ponsel dapat memengaruhi kemampuan orang dewasa untuk mengingat.
 

6. Mendengarkan Musik

Putar musik lembut atau musik meditatif yang seringkali memiliki nuansa suara gemercik air, suara angin, atau suara di hutan. Anda bisa mengunduh atau mencari di YouTube. Musik yang tenang dapat membuat Anda merasa rileks.
 

7. Minum susu hangat

Segelas susu hangat dapat membantu Anda merasa lebih rileks. Selain itu, segelas susu hangat dapat menjadi sumber energi Anda selama tidur. Tidur, walaupun tidak membutuhkan gerakan, namun membutuhkan energi yang besar. Susu akan membuat Anda merasa kenyang dan tidak mudah terbangun di tengah malam karena merasa kelaparan.
 

8. Beri jarak antara jam makan malam dengan tidur

Segera tidur usai makan tidak disarankan. Karena, tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan. Jika Anda langsung tidur usai makan, Anda mungkin merasakan sakit di perut atau seperti rasa terbakar di dada. Ini tentu membuat tidur Anda terganggu.
 

9. Hindari konsumsi kafein

Sebaiknya hindari konsumsi kafein sebelum tidur agar tidak terjaga di malam hari.
 

Baca juga:
9 Posisi Tidur Untuk Membantu Meredakan 9 Keluhan Penyakit
Agar Anak Berani Tidur di Kamar Sendiri
4 Cara Sukses Membujuk Anak Tidur Siang
Belajar Tidur Sendiri
Apa Saja Penyebab Tidur Anak Tidak Nyenyak?
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: PIXABAY, FREEPIK
 

 
 
 
 
 


Topic

#corona #coronavirus #viruscorona #covid19 #dirumahsaja #dirumahaja #belajardirumah #workfromhome

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

9 Langkah Menyempurnakan Kualitas Tidur Anda