Apakah Anda Cocok Bekerja dari Rumah?



Bisa bekerja dari rumah pasti terdengar seperti mimpi yang menjadi kenyataan bagi banyak mama bekerja.  
 
Tidak perlu lagi duduk di jam sibuk, menghabiskan waktu berjam-jam di perjalanan pulang-pergi dari dan ke tempat kerja setiap hari, terjebak pertemuan mendadak sepanjang hari, menghindari gangguan tanpa henti di kantor hanya untuk menyelesaikan pekerjaan, plus bisa selalu bersama si kecil, serta menyaksikan tumbuh kembangnya.
 
Sebuah studi oleh PGi, penyedia gabungan perangkat lunak dan layanan global terkemuka, mengungkapkan bahwa selain peningkatan produktivitas, 82% pekerja jarak jauh melaporkan tingkat stres yang lebih rendah, 80% lebih bersemangat, dan 69% menunjukkan tingkat  ketidakhadiran yang lebih rendah.
 
Meski manfaat kerja jarak jauh jelas bagi perusahaan dan karyawan, namun penting untuk dicatat bahwa tidak semua orang cocok bekerja jarak jauh (dari rumah).

Baca juga: Aturan Bekerja di Rumah

Sementara dalam teori, bekerja dari rumah mungkin terdengar seperti yang terbaik di dunia, dalam praktiknya, kebebasan menghadirkan tantangan dan tanggung jawab tersendiri.
 
Cara yang baik untuk menguji kesesuaian Anda adalah dengan melakukannya berdasarkan percobaan terlebih dahulu.
 
Jika Anda dan atasan Anda senang dengan penampilan Anda, maka Anda dapat meminta membuatnya menjadi pengaturan yang tetap.
 
Namun, sebelum Anda mengajukan ide tersebut  ke atasan Anda, sebaiknya Anda terlebih dahulu menentukan, apakah Anda memiliki sikap yang tepat untuk kerja jarak jauh.
 
Yuk, cari tahu hal itu dengan menjawab 7 pertanyaan berikut ini, yang dilansir dari siaran pers Jobstreet.com.
 
Dapatkah pekerjaan Anda dilakukan dengan mudah dari rumah?
Apakah Anda bisa melakukan pekerjaan Anda dari rumah dengan cara yang sama seperti di kantor?
 
Apakah Anda telah menyediakan ruang kerja untuk Anda bekerja di rumah?
Memiliki pengaturan yang tepat di rumah yang memungkinkan Anda bekerja dengan nyaman dan produktif merupakan kunci untuk memastikan sedikit gangguan. Sebuah tempat bekerja terpisah dengan meja kerja dan kursi yang nyaman akan terasa pas.
 
Apakah Anda lebih memilih lingkungan kerja yang fleksibel atau struktur tetap?
Jika Anda adalah tipe orang yang bekerja dengan sangat baik di bawah struktur tetap dengan jam kerja rutin pukul 9 pagi hingga 5 sore, Anda mungkin tidak begitu baik dalam lingkungan yang fleksibel, di mana Anda harus mengatur waktu dan jadwal kerja secara mandiri. Akuntabilitas adalah kunci saat bekerja dari jarak jauh.
 
Apakah Anda bekerja lebih baik jika sendiri, atau dengan anggota tim Anda?
Bekerja dari rumah sangat bagus, jika Anda senang bekerja sendiri.
 
Namun, jika Anda adalah tipe yang bekerja paling baik dalam lingkungan tim, di mana Anda bisa berinteraksi dengan rekan kerja secara langsung, bekerja dari rumah mungkin bukan untuk Anda.
 
Apakah pekerjaan Anda membutuhkan kolaborasi tatap muka yang tinggi?
Jika atasan dan kolega Anda merasa nyaman dengan pertemuan virtual dan kolaborasi online menggunakan alat, seperti Skype, Google Hangouts, Google Drive, Basecamp, dan lain-lain, bekerja dari rumah akan meningkatkan efisiensi Anda daripada menghalanginya.
 
Apakah Anda mandiri dan nyaman bekerja secara mandiri?
Ini penting bahwa Anda dapat menjawab ya dengan pasti untuk pertanyaan ini, jika Anda mempertimbangkan dengan serius kerja jarak jauh.
 
Jika atasan Anda setuju mengizinkan Anda bekerja dari rumah, ia mengambil risiko dan mempercayai Anda untuk memberikan hasil.
 
Keraguan apapun pada diri Anda, maka Anda harus berhenti sejenak untuk berpikir.
 
Apa motivasi utama anda untuk bekerja dari rumah?
Ini mungkin pertanyaan yang paling penting dari semuanya.
 
Melakukan hal ini dengan alasan yang salah kemungkinan tidak akan membuat Anda termotivasi dengan kuat, karena kerja jarak jauh membutuhkan tingkat disiplin diri dan akuntabilitas yang tinggi.

Baca juga: Rahasia Sukses Bekerja dari Rumah

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia