Ciptakan Hubungan Suami-Istri Layaknya Sahabat


 

Begitu Anda mengucapkan janji pernikahan, maka pasangan Anda akan menjadi teman hidup Anda. Bahagia, ya, rasanya, ketika hubungan pernikahan terasa seperti hubungan persahabatan dengan pasangan. Pasti ia akan memperlakukan Anda dengan cara berbeda yang menyenangkan. Seperti selalu kompak, saling mendukung, dan menyelipkan humor dalam hubungan.


Suzanne Degges-White Ph.D, pengajar di Northern Illinois University, AS, mengatakan, “Ada elemen memberi dan menerima dalam persahabatan yang mungkin sulit diciptakan oleh beberapa pasangan.” Menurutnya hal tersebut membuat hubungan lebih intim dan bertahan lama.


Ciri perilaku yang menjadi aspek dasar hubungan seperti persahabatan yang sehat menurut Suzanne antara lain:

  1. Berbagi, Apa pun!

Pernikahan mengikat Anda dan pasangan ke dalam tanggung jawab bersama. Akan tetapi, semua itu tak terasa membebani ketika hubungan pernikahan Anda menyiratkan saling berbagi satu sama lain. Seperti persahabatan, Anda dan pasangan tak akan sungkan atau rikuh untuk saling berbagi pikiran maupun perasaan. Sebab, Anda merasa bahwa pasangan Anda adalah yang paling mengenal Anda.

Energi seperti ini merupakan bonus dari komunikasi yang baik. Sebab, komunikasi yang baik ternyata tidak mudah dijalani oleh semua pasangan menikah.“Komunikasi tidak hanya memudahkan seluk-beluk kehidupan sehari-hari dengan orang lain, tetapi juga menumbuhkan kehangatan, pengertian, dan koneksi,” ujar Suzanne.

  1. Siap Pasang Telinga dan Bahu

Pada siapa Anda pertama kali menyampaikan semua kesedihan, kemarahan, atau rasa frustasi Anda? Sahabat! Sahabat adalah mereka yang mendengarkan Anda dan menyediakan bahunya bagi Anda. Mereka benar-benar aktif mendengarkan. Bukan hanya mendengar untuk menjawab. Pasangan yang benar-benar menjadi sahabat tidak akan menyudutkan Anda. Mereka akan selalu menanggapi keluh-kesah Anda dengan dukungan.

  1. Sama-sama Jadi Diri Sendiri

Kebiasaan buruk seperti tidak ganti kaus kaki selama seminggu atau masa lalu yang konyol, sahabat Anda mengetahuinya. Ada kalanya semua itu bisa menjadi humor yang Anda tertawakan bersama tanpa ada rasa tersinggung. Bahkan, bisa mempererat keintiman hubungan.

Hubungan pernikahan yang seperti sahabat tidak berusaha mengubur semua hal buruk dari masing-masing pribadi. Hubungan pernikahan seperti sahabat menyaratkan menjadi diri sendiri masing-masing untuk saling dicintai dan mencintai.

  1. Dukungan untuk Semua Mimpi

Pasangan yang seperti sahabat akan menjadi tujuan di mana Anda menceritakan semua rencana Anda beberapa tahun ke depan. Anda akan mendapat dukungan nyata yang tulus untuk memulai apa pun yang Anda inginkan.

 

Baca juga:

16 Bentuk Respect yang Sehat pada Pasangan

Kuis: Seberapa Dalam Anda Mengenal Pasangan?

5 Tip Lebih Betah Bersama Pasangan Selama #dirumahsaja

8 Penghambat Bagi Kemulusan Hubungan Anda dan Pasangan

25 Kalimat Empati Dalam Merespons Curhat Pasangan

 

(LELA LATIFA)

FOTO: FREEPIK

 

 

 

 

 

 

 

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Ciptakan Hubungan Suami-Istri Layaknya Sahabat

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia