Ciptakan Personal Branding untuk Tingkatkan Bisnis


Personal branding adalah ibarat CV yang harus Anda lakukan untuk menentukan siapa Anda dan apa yang membedakan Anda dengan orang lain. Di era transformasi digital seperti sekarang, personal branding tentu sangatlah penting. Tanpa personal branding kita tidak akan mengetahui dengan jelas tujuan hidup dan goal apa yang akan kita capai.

Aline Adita, Actress, i4 Trainer, Digital Endorser, MC dan juga Entrepreneur menjelaskan, personal branding adalah cara kita memasarkan diri  kepada orang lain atau bisnis yang sedang dikembangkan pada komunitas yang menjadi target kita.

“Tidak semua orang memiliki personal branding yang bagus. Jujur, dulu saya tidak bisa berdiri di depan umum dengan percaya diri seperti ini. Saya pemalu dan pendiam, namun dengan banyak belajar dan diiringi motivasi dari para senior, saya berhasil menciptakan personal branding untuk diri sendiri seperti sekarang ini” Ucap Aline saat ditemui dalam acara Workshop Digital Personal Branding yang diselenggarakan oleh IM3 Ooredoo di Universitas Indonesia, Depok, Selasa(12/9).

Aline menambahkan, personal branding layaknya “aura” dari dalam diri seseorang. Dengan begitu, orang akan meilhat aura itu dan menilai tentang diri Anda. Maka, jika Anda ingin orang lain melihat citra positif dalam diri Anda, bangunlah citra positif itu!

Pertanyaannya, sudahkah anda memiliki atau mengenali personal branding yang bagus? Cara termudah untuk mengetahui jawabannya adalah dengan bertanya pada diri sendiri “ingin seperti apa Anda dikenal” atau “Bagaimana orang lain ingin mengenal Anda”. 

Personal branding di era digital ini sangatlah mudah, Anda bisa memanfaatkan Media Sosial yang Anda punya, misalnya Twitter, Facebook, LinkedIn, Instagram, atau apa pun akun media sosial yang Anda miliki yang akan merefleksikan diri Anda dan menjadi bagian dari promosi diri yang efektif.

Deskripsi pribadi pada akun media sosial Anda juga dilihat orang sebagai citra diri Anda. Resume yang bagus di media sosial (seperti LinkedIn) juga dapat menambah nilai plus brand Anda.

Rajinlah mem-posting foto atau mengubah status pribadi Anda yang memperkuat brand Anda. Misalnya dengan inspiring quotes, mengunggah foto kegiatan positif yang sudah Anda lakukan. Itulah kenapa pencitraan sangat penting untuk personal branding, asal tidak jomplang dari kehidupan asli Anda sendiri tentunya.

Ciptakan personal branding Anda di Media Sosial dengan konsisten, cari gaya hidup seperti apa yang cocok dengan Anda, misalnya Anda suka traveling buatlah konten menarik tentang hal tersebut, atau juga hobi memasak? Semua bisa anda ciptakan. Buatlah konten dengan foto atau gambar yang bagus dan caption yang menarik. Tak lupa harus rajin juga update kegiatan positif Anda di sosial media. (Irma Purnamasari)

Baca juga:
Maksimalkan Perangkat Digital Anda
5 Nilai Ini Latih Anak Jadi Pengguna Digital yang Cerdas

Foto: pixabay

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Ciptakan Personal Branding untuk Tingkatkan Bisnis