Kebiasaan Belanja Ini Membuat Keuangan Keluarga Selalu Tekor


Kebanyakan wanita memang suka berbelanja. Tapi, waspadai kebiasaan belanja Anda, karena bukan tidak mungkin itulah yang membuat keuangan keluarga Anda selalu tekor setiap bulan.

Untuk itu, cari tahu mana di antara dua kebiasaan di bawah ini yang paling tepat menggambarkan gaya berbelanja Anda, dan segera terapkan strategi yang tepat agar Anda bisa mengatur keuangan lebih cerdas.
 
Suka Menunda
Setiap kali ada tagihan datang, Anda akan langsung memasukkannya ke laci, tanpa membukanya terlebih dulu. Tak jarang gaya seperti ini justru membuat Anda kewalahan di akhir bulan. Kebanyakan tipe ini tidak terobsesi menggunakan uang tunai saat transaksi.

Strategi keuangan untuk Anda:
Untuk meminimalisir kepanikan Anda karena tagihan yang membengkak, sebaiknya manfaatkan layanan dari bank yang akan memotong gaji Anda untuk dialirkan ke pos tagihan, utang, dan tabungan atau asuransi.

Langkah ini memudahkan Anda menghemat tenaga dan tak perlu kerja dua kali. Selain itu, Anda jadi memiliki solusi konkret untuk pencapaian jangka panjang yang memerlukan pembiayaan besar. Biaya kuliah anak saat dewasa nanti, misalnya.

Baca juga:
Mengelola Keuangan Menjelang Kelahiran
Lima Tip Belanja Hemat Saat Diskon
Struk Belanja, Dibuang atau Disimpan?

 
Nikmati Saja
Menurut Joe Duran, CEO United Capital Financial Advisers, tipe pembelanja ini cenderung menikmati hidup hari ini tanpa memikirkan hal-hal yang mungkin akan terjadi kemudian. Saat berada di pusat perbelanjaan, dorongan untuk membeli barang atas dasar keinginan seringkali muncul.

Strategi keuangan untuk Anda:
Biasakan terlebih dahulu menyelesaikan tagihan utang-utang Anda, terutama tagihan kartu kredit. Pilihlah teman-teman yang mendukung Anda mengontrol arus keuangan. Membuat daftar barang belanja mulai dari yang prioritas hingga yang tak begitu penting, juga bisa membantu Anda mengatur keuangan. Dan, hindari membeli barang secara impulsif.


Foto Dok. 123RF

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

Kebiasaan Belanja Ini Membuat Keuangan Keluarga Selalu Tekor

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia