5 Tip Hemat Belanja di Supermarket


 

Layaknya Menteri Keuangan, peran ibu rumah tangga sangat penting dalam mengatur keuangan keluarga. Anda harus cermat mengelola keuangan keluarga, salah satunya disiplin dan hemat dalam membelanjakan uang. Bisa dimulai dari saat Anda berbelanja di supermarket.

Gary Foreman, pemilik situs The Dollar Stretcher berbagi tip yang bisa Anda praktikkan saat Anda hendak belanja di supermarket:
 
1. Buat daftar belanja. Dengan menyusun daftar barang yang akan dibeli, Anda belajar disiplin dan patuh pada rencana belanja yang telah Anda susun sendiri. Gunakan “Rumus Mencatat 12 Produk”, yaitu dalam daftar hanya ada daftar nama produk dan harga dari 12 kebutuhan rutin yang memang wajib Anda beli. Misal, susu, beras, peralatan mandi, dan sebagainya.
 
2. Yuk, jangan jadi pemalas! Biasanya, pihak supermarket menempatkan produk yang sangat ingin dijual di rak dengan ketinggian antara lutut dan punggung Anda. Bila malas memilih, Anda tidak mau susah payah membungkuk atau menjinjit, hasilnya Anda akan mendapatkan harga produk yang lebih mahal, dibandingkan dengan produk sejenis yang ditempatkan di rak paling bawah atau paling atas. Bisa berhemat 40% hanya dengan menunduk atau menjinjit.
 
3. Perhatikan mood. Jika sedang lapar, biasanya tanpa sadar Anda akan membeli lebih banyak makanan. Begitu juga saat merasa lelah atau marah, Anda jadi malas untuk mencari barang yang dibutuhkan, sehingga Anda akan mengambil barang sejenis yang ada di depan mata tanpa mempertimbangkan lagi harganya. Kalau mood Anda sedang tak stabil, tunda dulu belanjanya ya Ma!
 
4. Pastikan harga di kasir sudah benar. Petugas yang menjadi kasir tentunya akan selalu meng-update diskon atau informasi produk baru. Pastikan harga yang Anda lihat di rak kasir, sudah sesuai dengan harga sebelum dibayar, dan harga di kasir selalu sama dengan harga aslinya.
 
5. Tawaran ‘paling murah!’ Cari barang dengan tawaran bertuliskan ‘paling murah’ atau ‘harga promosi’. Jika Anda menganggap harga murah kualitasnya tidak bagus, belum tentu! Harga murah bisa karena barang tersebut adalah produk baru, produk yang dikeluarkan oleh supermarket itu sendiri, atau produk ini masih dalam tahap promosi. Jangan lupa, manfaatkan juga kartu member atau kartu diskon semaksimal mungkin untuk mendapatkan potongan harga.
 
Baca juga:
Mainkan Ini Bersama Anak Saat di Supermarket
Ini Triknya Anak Betah Diajak Belanja di Supermarket
Lima Tip Belanja Hemat Saat Diskon
Hidup Hemat dalam 20 Menit
Berhemat ala Mama
 

(YENNY GLENNY)
FOTO: PIXABAY


 

 

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia