Penyebab Rasa Lapar Terus Menerus


Setelah olahraga keras, sedang hamil atau menjelang menstruasi, wajar kita merasa nafsu makan meningkat. Tapi, kalau ketiga hal di atas tidak Anda alami tapi Anda selalu merasa lapar, pasti ada penyebab lainnya.
 
“Rasa lapar adalah kebutuhan fisiologis akan kalori, cairan, dan garam, dipicu oleh perpaduan aneka faktor seperti pola makan, hormon dan kondisi emosional,” ujar Maggie Moon, RD, seorang ahli gizi dari Los Angeles yang juga pemilik Everyday Healthy Eating. Mencoba mengetahui penyebab rasa lapar yang tak terpuaskan, akan membantu Anda mengatasi masalah tersebut sekaligus menjaga berat badan tetap ideal.
 
Beberapa hal yang mungkin jadi penyebab adalah:
 
Dehidrasi. “Dehidrasi ringan kadang terasa seperti lapar, padahal yang sebenarnya dibutuhkan tubuh adalah cairan,” ujar Alissa Rumsey, RD, juru bicara American Academy of Nutrition and Dietetics. ‘Kebingungan’ terjadi di hipotalamus, bagian otak yang mengatur nafsu makan dan rasa haus. Jadi, selalu cukupi kebutuhan cairan tubuh Anda, dan saat lapar lagi, coba minum segelas air dan tunggu 15-20 menit dan rasakan apakah laparnya berkurang.
 
Kurang tidur dapat meningkatkan kadar ghrelin, hormon yang memicu nafsu makan, demikian ujar Alissa Rumsey. Kalau Anda memang sering kurang tidur, lapar muncul karena sebab lain. Kurang tidur akan membuat Anda merasa lelah dan susah konsentrasi, tubuh pun butuh suntikan energi secara cepat, itu memicu keinginan makan yang manis atau konsumsi karbohidrat meski sebenarnya Anda tak lapar.
 
Stres. Saat seseorang stres, tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon adrenalin dan kortisol. Meningkatnya kadar hormon tersebut membuat tubuh mengira ‘sedang diserang’ dan butuh energi sehingga nafsu makan juga meningkat.
 
Anda melewatkan waktu makan sehingga perut terlalu lama dalam keadaan kosong.  Tubuh pun mengeluarkan hormon ghrelin yang memicu nafsu makan. Untuk mengganjal perut Anda jadi tak henti-hentinya mengunyah. Idealnya jangan biarkan perut kosong selama lebih dari 5 jam. Jadi kunyahlah camilan sehat di antara waktu makan.
 
Anda dibombardir foto makanan. Di Pinterest, Instagram, Facebook, semua orang posting foto makanan. Belum lagi acara memasak dan wisata kuliner di televisi, plus iklan-iklan produk makanan dan restoran. Kalau yang ini, tidak heran, deh, air liur selalu terbit meski kita sebenarnya tidak lapar.
 
Foto : TPG News
 

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Penyebab Rasa Lapar Terus Menerus

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia