Sahur Sehat, Mama Kuat



 

Menjadi ibu adalah pekerjaan yang membutuhkan kekuatan super. Oleh karenanya, walaupun sedang berpuasa, Mama tetap butuh cadangan energi yang cukup untuk mengurus keluarga dan menangani seluruh pekerjaan seharian.
 

Praktikkan rekomendasi asupan sahur yang lebih sehat ini agar Anda tetap strong hingga waktu buka puasa tiba:
 

  • Pilih Karbohidrat Tinggi Serat

Anda tetap harus melakukan segudang aktivitas walau berpuasa. Jadi, Anda butuh energi cadangan. Sumber karbohidrat yang tinggi serat seperti nasi merah, kentang, jagung, ubi, gandum, jagung lebih lama dipecah oleh tubuh sehingga Anda tidak cepat lapar dan menyediakan cadangan energi bertahap untuk Mama. Selain itu, memilih karbohidrat yang tinggi serat juga memberi keuntungan pada sistem pencernaan Anda.
 

  • Tambahkan Protein Tambahan

Tambahkan daging sapi, ayam, telur, makanan laut, tempe-tahu, kacang-kacangan, atau yoghurt. Protein memberikan rasa kenyang lebih lama. Di samping itu, protein juga dapat memberikan energi cadangan.
 

  • Sayur Hijau Kaya Zat Besi

Berpuasa membuat kadar zat besi dalam tubuh menurun. Oleh karenanya, Anda harus menambahkan sayur bayam, daun singkong, kale, atau jamur.
 

  • Buah Bervitamin C

Vitamin C dapat menangkal radikal bebas serta meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Anda lebih terlindungi. Mangga atau pepaya, bisa jadi opsi Anda!
 

  • Sumber Magnesium dan Potasium

Magnesium dan potasium dapat memberikan cadangan energi untuk Anda. Bisa Anda dapatkan dari pisang atau almond.
 

  • Cukup Cairan

Dehidrasi membuat tubuh terasa lemah sehingga menghambat aktivitas Anda. Oleh karenanya, cukupi kebutuhan cairan Anda dengan mengonsumsi air sebelum sahur atau lebih tepatnya setelah bangun tidur dan sesudah tidur masing-masing satu gelas.
 

  • Kombinasi Mi Instan & Nasi? Big No!

Ini sudah menjadi kebiasaan beberapa orang. Mi instan dan nasi sama-sama mengandung karbohidrat. Keduanya bukan kombinasi yang baik karena tinggi kalori namun rendah kandungan gizi lainnya.
 

  • Jangan Terlalu Pedas

Makanan terlalu pedas dapat memicu asam lambung sehingga menimbulkan rasa begah yang mengganggu.
 

  • Hindari Makanan Berminyak

Lebih sehat bila Anda menggantinya dengan menu kukus.
 

  • Hindari Kafein

Tidak ingin cepat tidur kembali setelah sahur? Beberapa Mama memang menginginkannya. Akan tetapi, tetap hindari minuman yang mengandung kafein karena juga dapat meningkatkan asam lambung dan membuat Anda merasa begah.
 

  • Jangan Makan Tengah Malam agar Tidak Sahur

Khawatir tidak bisa bangun saat sahur? Memilih makan tengah malam sebelum tidur juga bukan pilihan. Segera tidur setelah makan tidak baik untuk kesehatan lambung dan dapat menyebabkan refluks.

 

Baca juga:

5 Menu Sahur Cepat dan Praktis dalam 30 Menit

Hindari Menghangatkan 4 Sayuran Ini Saat Sahur

Olah Makanan Sisa Buka Puasa Ini Jadi Menu Sahur Praktis

4 Menu Sahur Untuk Anak

Menu Sahur dan Berbuka Yang Tepat Untuk Anak

 

LELA LATIFA

FOTOL: FREEPIK


Topic

#lebaran #puasa #sahur #ramadhan #ramadan #pranaramadan #ramadanparenting #reseplebaran #resepramadan #resepramadhan #menupuasa

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Sahur Sehat, Mama Kuat