Terkadang Kondom Tetap Perlu

Tahukah Anda bahwa ternyata sering ditemukan wanita yang tertular HIV dari suaminya? HIV adalah jenis virus yang jika menginfeksi manusia akan menyebabkan menurunnya kekebalan tubuh orang tersebut dan salah satu cara penularannya adalah melalui hubungan seksual tanpa menggunakan kondom.

Ah, kalau sudah menikah kan tak perlu pakai kondom, begitu mungkin pikiran banyak orang. Boleh saja berprinsip demikian, asal yakin betul bahwa pasangan bebas HIV. Jika suami termasuk yang (pernah) punya perilaku risiko tinggi terkena HIV seperti bergonta-ganti partner seksual atau menggunakan narkoba dengan suntikan, maka tak ada salahnya melindungi diri dengan kondom.

Soalnya perempuan lebih rentan tertular HIV dibandingkan laki-laki. Dari segi biologis, bentuk organ reproduksi perempuan memungkinkan untuk menampung cairan sperma yang (mungkin) mengandung virus HIV.

Lantas, apa yang terjadi jika perempuan tertular HIV dari suaminya tapi kemudian hamil? Belum tentu bayinya juga akan positif HIV, kok. Penularan dari ibu ke bayi atau Mother-to-Child Transmission kemungkinannya sekitar 30%. Penularan tersebut dapat dicegah apabila mengikuti program PPIA (Pencegahan Penularan HIV dan AIDS dari Ibu ke Anak).

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia