Perubahan Tubuh Saat Hamil 8 Bulan

Anda mengalami konstraksi atau pengerutan rahim pada kehamilan bulan ke-8?


Jangan panik dulu. Sekalipun kontraksi merupakan awal dari proses persalinan, bila hanya berlangsung selama beberapa menit lalu menghilang, dan hanya terjadi 1-2 kali sehari, ini berarti belum saatnya Anda melahirkan. Lain halnya bila kontraksi disertai keluarnya cairan yang mengandung darah dari vagina. Kondisi ini bisa memaksa terjadinya kelahiran prematur. 


Anda dianjurkan memeriksakan kehamilan minimal dua minggu sekali. Hal ini penting untuk memastikan kehamilan tetap berlangsung normal. Pada saat ini, seharusnya kepala si kecil sudah mulai memasuki rongga panggul. Posisi ini akan tetap bertahan hingga tiba waktunya Anda melahirkan.


Jika pada minggu ke-34 kepala janin belum berada di bawah, besar kemungkinan dokter akan mencoba memutarnya. Tak perlu cemas, bila usaha ini tidak sukses. Biasanya, pada detik-detik terakhir menjelang persalinan, posisi bayi masih bisa berubah kok. Namun, bila posisi kepala janin belum juga berada di bawah, ada kemungkinan Anda akan melahirkan melalui operasi Caesar.


 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Perubahan Tubuh Saat Hamil 8 Bulan

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia