7 Persiapan Lebaran di The New Normal


Banyak lagu yang baru saja dirilis oleh berbagai musisi kita mengenai Lebaran tahun ini yang tidak bisa sama lagi atau terasa tak seramai tahun-tahun sebelumnya. Pandemi ini memang membawa perubahan besar.
 
Anjuran #dirumahsaja untuk menerapkan physical distancing telah disusul dengan anjuran untuk tidak mudik. Padahal, mudik adalah salah satu tradisi Lebaran yang menjadi khas negara kita. Mobilisasi jutaan orang selama mudik dikhawatirkan akan meningkatkan angka infeksi virus corona.
 
Saat Lebaran esok, keluarga kecil Anda tak akan bisa berkumpul secara fisik dengan keluarga besar. Tak ada salat bersama di masjid raya atau lapangan. Tak ada lagi masakan orang tua Anda di kampung halaman. Tak ada sungkem pada orang tua. Juga tak ada acara berkunjung ke rumah kerabat maupun reuni dengan teman-teman lama di kota kelahiran Anda. Ini semua mungkin akan jadi bagian dari the new normal.
 
Walaupun hanya dilakukan di rumah saja, tentu saja Mama dan Papa tetap perlu beberapa persiapan agar nuansa liburan yang khas tetap terasa sebagai obat rindu dan tak menghilangkan maknanya. Apa saja yang perlu Anda siapkan?


1. Baju Lebaran untuk Semua Anggota Keluarga

Banyak yang tidak membeli baju baru saat harus Lebaran #dirumahsaja ini. Mungkin keluarga Anda salah satunya. Tidak membeli yang baru tidak berarti membuat keluarga Anda tidak menyiapkan baju sama sekali.
 
Agar bisa merasakan nuansa Idulfitri seperti sedia kala, Anda bisa menghadirkannya lewat baju serba putih yang biasa Anda dan keluarga kenakan untuk salat Idultfitri bersama di masjid. Jangan lupa, siapkan juga satu baju yang akan keluarga Anda kenakan di acara silaturahmi virtual.


2. Panduan Takbir dan Salat di Rumah

Nah, Papa sebagai imam di rumah, jangan lupa pelajari dulu ya, panduan takbir dan salat Idulfitri di rumah bersama keluarga, ya.

3. Baterai Ponsel dan Kuota Internet Full

Kalau biasanya acara silaturahmi membutuhkan biaya transportasi yang sedemikian rupa karena harus dilakukan antarkota, antarprovinsi, atau bahkan antarnegara dan benua, maka Lebaran tahun ini akan sangat mengandalkan kuota internet. Kabar menyenangkan bagi Anda bahwa ini tentu akan lebih murah, ya, Ma, Pa. Nah, pastikan baterai ponsel Anda terisi penuh dan kuota internet Anda cukup, agar silaturahmi atau sungkem online tidak tersendat.

4. Belajar Resep Makanan Khas Lebaran

Saat ber-Lebaran di kampung halaman, dapur tentu menjadi wilayah kekuasaan ibu atau pun ibu mertua Anda. Anda beserta para saudara kandung dan ipar akan mengambil porsi sebagai asisten.
 
Di Lebaran kali ini, tentunya Anda akan jadi one standing woman yang memproduksi semua hidangan di meja makan. Untuk itu, pastikan Anda mewarisi resep dari ibu dan ibu mertua untuk mengobati rindu akan kampung halaman saat tidak mudik. Anda juga bisa menyesuaikan resep tersebut dengan kebutuhan keluarga. Misal, bila ada sesuatu yang dianggap berisiko, seperti menghilangkan bagian kulit ayam yang mengandung banyak lemak, mengurangi santan kental, dan sebagainya.


5. Mencatat Nomor Rekening Keluarga

Bagi-bagi amplop THR juga menjadi salah satu tradisi yang tak terlewat dari Lebaran. Menjelang Lebaran, Anda pasti sudah menukarkan sejumlah nominal ke uang kertas yang baru. Para keponakan Anda di keluarga besar tentu selalu menunggu-nunggu momen ini setiap tahunnya.
 
Nah, lantaran tidak bisa bertemu langsung dan uang juga ditengarai menjadi salah satu medium penyebaran, maka THR-nya tahun ini dibagi-bagi via transfer, ya. Catat nomor rekening orang tua dari keponakan-keponakan Anda.


6. Parsel Delivery

Biasanya, kita membawa langsung parsel atau bingkisan Lebaran saat bersilaturahmi ke rumah kerabat. Tahun ini, agar tetap merasa ‘dekat’, parsel tetap bisa diberikan, tapi lewat jasa pengiriman.

7. Kamera dan Tripod

Berfoto bersama tentu menjadi salah satu tradisi Lebaran yang tak ingin dilewatkan. Bila berkumpul dengan keluarga besar, Anda bisa saling bergantian memotret dengan keluarga lain. Nah, karena tak ada yang bisa memotret, maka andalkan tripod untuk mendapatkan foto keluarga Anda dalam formasi lengkap.
 
 
Baca juga:
5 The New Normal yang Akan Dihadapi Anak-anak
Bantu Anak Beradaptasi dengan The New Normal
Hindari Virus Corona Bertahan di Kulkas, Ini 6 Hal yang Harus Anda Lakukan
10 Tip Aman ke Pasar Basah saat Corona Merebak
3 Langkah Pakai Masker Kain yang Benar
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK
 
 

 
 
 


Topic

#corona #coronavirus #covid19 #covid-19

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

7 Persiapan Lebaran di The New Normal

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia