Hindari Virus Corona Bertahan di Kulkas, Ini 6 Hal yang Harus Anda Lakukan


 

Virus Corona tak hanya mampu bertahan di permukaan luar yang sering disentuh seperti meja, gagang pintu, tuas keran, dan lainnya. Virus ini bahkan ternyata mampu bertahan di dalam kulkas. Mengutip wawancara NBC Bay Area dengan virologis dari Gladstone Institute, Warner C. Greene, M.D., Ph.D., pada dasarnya, virus corona adalah virus yang lengket. “Mereka dapat bertahan hidup pada periode waktu yang cukup lama di permukaan benda, meskipun di permukaan tampaknya sudah mati,” ujarnya.
 
Hal ini tak mengherankan. Sebab, penelitian pada tahun 2010 tentang pengaruh suhu udara terhadap kelangsungan hidup dua virus yakni SARS dan SARS-CoV yang memiliki kaitan erat dengan virus corona atau COVID-19 pada permukaan benda menunjukkan bahwa virus dapat bertahan pada suhu di bawah 4,4°C. Penelitian yang dilakukan oleh American Society for Microbiology tersebut menemukan bahwa tingkat suhu dan tingkat kelembapan yang lebih rendah membantu virus bertahan lebih lama. Secara khusus, pada suhu 4°C dengan kelembapan relatif 20%, lebih dari 2/3 virus bertahan selama 28 hari. Daya tahan virus ini lebih lama bila dibandingkan dengan ketika menempel pada permukaan benda yang memiliki suhu 40°C dengan kelembapan relatif 80% di mana virus bertahan selama kurang dari 6 jam.
 
Berkaca dari penelitian tersebut, Greene merekomendasikan untuk mendisinfeksi semua barang belanjaan sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. “Intinya adalah, Anda jangan pernah memasukkan apa pun ke lemari es Anda tanpa didekontaminasi terlebih dahulu,” pesannya.
 
Oleh karenanya, Greene menyarankan beberapa langkah ini untuk mengamankan bahan makanan Anda aman dari kontaminasi sebelum disimpan di dalam kulkas:



1. Cuci bersih tangan Anda dengan sabun dan air.

2. Siapkan mangkuk berisi cairan disinfektan yang disarankan berbahan dasar alkohol. Bila Anda tidak memiliki cairan disinfektan, Anda bisa membuat sendiri dengan cara mencampurkan 1/3 cangkir pemutih dengan satu galon air. 

Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan menambahkan sabun ke dalam air hangat. Rendam handuk dalam larutan pembersih tersebut dan peras. Gunakan handuk untuk menyeka permukaan kemasan setiap makanan yang akan Anda simpan. Pastikan Anda melakukannya di permukaan yang bersih dan sudah didisnfeksi juga.

3. Lakukan juga disinfeksi pada wadah makanan sebelum dimasukkan ke dalam dapur dan lemari.

4. Segera lap kering semua bahan makanan Anda, terutama yang bukan bahan makanan kering agar tidak cepat busuk.

5. Cuci tas belanjaan Anda.

6. Cuci tangan Anda dengan air dan sabun hingga bersih.

 
 
Baca juga:
10 Tip Aman ke Pasar Basah saat Corona Merebak
7 Tip Mengatur Bahan Makanan Selama #dirumahsaja
Prosedur Pemeriksaan COVID-19 yang Harus Anda Ketahui
Mengatur Isi Kulkas Saat Listrik Padam
Ajak Balita Gemar Cuci Tangan
 
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK

 
 
 


Topic

#corona #coronavirus #covid19 #covid-19

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Hindari Virus Corona Bertahan di Kulkas, Ini 6 Hal yang Harus Anda Lakukan

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia