8 Hal yang Harus Diketahui Ayah dari Anak Perempuannya


 

Ayah adalah cinta pertama bagi anak-anak perempuannya. Kedekatan ayah bagi anak perempuan akan membantu mereka tumbuh menjadi anak yang percaya diri.


Dalam ilmu psikologi populer, perempuan sering dianalogikan sebagai Venus, sementara laki-laki dianalogikan sebagai Mars. Sehingga, untuk membangun hubungan yang baik dan kuat, Anda harus mengenali bagaimana pandangan serta apa yang diinginkan satu sama lain. Sama dengan memperlakukan anak perempuan, Papa juga perlu memahami mereka.


Mengutip dari Fatherly, berikut ini adalah hal-hal yang harus diketahui ayah dalam mengasuh anak perempuan:


1. Dia Ingin Dicintai

Tidak ada orang lain di bumi yang dapat mengambil peran Anda sebagai ayah. Ia ingin perhatian Anda, waktu Anda, dan kata-kata positif Anda. Jangan pernah biarkan dia meragukan cinta Anda padanya.


2. Anda adalah Standar Ia Mencari Pasangan

Bagaimana karakter Anda dan bagaimana Anda memperlakukan anak perempuan Anda akan berdampak langsung pada bagaimana ia memilih pasangan. Ia melihat Anda sebagai cerminan mengenai siapa yang ia pilih untuk dinikahi suatu hari nanti.


3. Dia Mempehatikan Sikap Anda pada Ibunya

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk putri Anda adalah mencintai ibunya dengan baik. Selalu bersikap baik pada istri Anda, suportif, dan tunjukkan bahwa istri Anda adalah prioritas bagi Anda.


4. Terlibat Secara Emosional

Ada kalanya Ayah merasa canggung untuk dekat dengan anak perempuannya saat mereka memasuki usia praremaja. Akan tetapi, banyak yang akhirnya menyesal ketika tidak terlibat secara emosional dengan anak-anaknya di fase itu. Dengarkan cerita tentang pertemanannya di sekolah, atau bahkan tentang teman laki-laki yang menyukainya.


5. Ciptakan Kenangan

Ciptakan kenangan yang akan diingat olehnya sepanjang waktu. Hal itu bisa berupa rutinitas mengajaknya jalan-jalan pagi di taman setiap pagi atau mengajaknya pergi memancing pada hari Minggu. Itu adalah investasi yang indah.


6. Hadir di Acara Pentingnya

Hadirlah di acara pentingnya seperti pementasan tari, pertandingan renangnya, atau hari saat ia ditugaskan untuk membaca puisi di penutupan tahun ajaran sekolah. Itu semua akan menjadi pesan bahwa Anda selalu menghargai setiap upayanya.


7. Minta Maafnya

Sampaikan maaf Anda pada si kecil saat Anda melakukan kesalahan dan menyakiti perasaannya. Dengan demikian, anak perempuan Anda akan berpikir bahwa ia sangat berharga.


8. Tata Rambut Mereka

Tunjukkan bahwa laki-laki juga bisa lembut dengan melakukan pekerjaan menata rambut mereka dengan baik. Berikan kunciran kuda atau kepang khas Anda yang akan jadi bagian indah di masa kecilnya.


Sayangnya, banyak ayah yang mungkin sedang merintis karier melewatkan banyak hal ini. Oleh karenanya, sesibuk apa pun, sempatkanlah untuk hadir bagi anak perempuan Anda.
 

Baca juga:

Bagaimana Cara Papa Saat Harus Mengantar Anak Perempuannya ke Toilet Umum?

Ini Cara Ayah Membesarkan Anak Perempuan

Papa Perlu Lakukan Ini Saat Anak Perempuan Beranjak Remaja

Cara Papa Ajarkan Anak Perempuan Privasi

 

(LELA LATIFA)

FOTO: FREEPIK

 

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

8 Hal yang Harus Diketahui Ayah dari Anak Perempuannya

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia