5 Aturan Memakai Masker yang Benar untuk Cegah Corona

Kenakan masker dengan tepat. Foto: Freepik

World Health Organization (WHO) dan US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan bahwa masker diperlukan oleh orang-orang yang sakit. Orang yang sehat hanya perlu memakai masker bila sedang merawat orang yang diduga terinfeksi Corona.
 
Akan tetapi, memakai masker ternyata tak bisa sembarangan. Cara penggunaan masker pun perlu diketahui dengan benar agar lebih efektif. Berikut ini adalah panduan penggunaan masker oleh WHO, agar Anda bisa mempraktikkannya dengan tepat:

  1. Sebelum memasangkan masker ke wajah Anda, pastikan Anda mencuci tangan dengan air dan sabun terlebih dahulu.

  2. Pastikan masker menutup hidung dan mulut Anda dengan benar dan tidak ada ruang sisa antara wajah Anda dengan masker. Jangan sampai permukaan masker Anda terbalik. Pasang permukaan yang berwarna putih menempel hidung dan mulut dan permukaan yang berwarna/bermotif di sisi depan. Posisikan bagian keras masker di tulang hidung dan lengkungkan dengan pas.

  3. Hindari menyentuh masker ketika sedang digunakan. Bila Anda tak sengaja melakukannya, segera cuci tangan Anda dengan air dan sabun atau hand sanitizer berbahan alkohol.

  4. Ganti masker Anda sesegera mungkin ketika mulai basah dan jangan pakai ulang masker sekali pakai Anda.

  5. Untuk melepas masker, pastikan Anda mengangkatnya dari belakang (yang menempel langsung dengan permukaan kulit Anda. Jangan menyentuh bagian depan masker. Segera buang ke tempat sampah dan cuci tangan Anda dengan sabun dan air atau dengan hand sanitizer berbahan alkohol.

 

 
WHO juga menyebut bahwa penggunaan masker saja tidak cukup untuk pencegahan. Anda harus sering-sering cuci tangan dan menghindari sentuhan dengan orang yang sedang sakit atau menghindari menyentuh langsung fasilitas umum seperti pintu atau tombol lift dengan jari.

Baca juga:
Benarkah Masker Efektif Mencegah Penularan Virus Corona?
Mengenal Gejala Virus Corona
Cara Mencegah Tertular Virus Corona
Kasus Virus Corona dalam Angka
2 WNI Positif Corona, Siapa Saja yang Harus Pakai Masker?

 
(Lela Latifa)

 


Topic

#corona #viruscorona #covid19 #coronavirus

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

5 Aturan Memakai Masker yang Benar untuk Cegah Corona

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia