9 Ide Permainan dalam Gelap


Foto: Pixabay


Anak-anak mungkin akan langsung panik saat listrik padam. Kegelapan membuat mereka tidak nyaman karena hal tersebut merupakan kondisi yang asing bagi mereka. Anda bisa menjelaskan kepada anak-anak bahwa kondisi tersebut bukanlah suatu masalah besar dan listrik akan kembali menyala. Untuk membuat anak-anak tidak bosan dan tetap tenang selama listrik padam, Anda bisa melakukan permainan untuk tetap membuat mereka terhibur. Berikut ini adalah beberapa ide permainan yang bisa Anda lakukan bersama si kecil di dalam gelap:

Bermain Bayangan
Ini adalah permainan klasik yang paling sering dilakukan begitu berada di dalam ruangan gelap. Arahkan senter ke tangan Anda dan posisikan tangan Anda membentuk berbagai macam hewan seperti burung, kelinci, atau serigala. Tirukan suara hewan-hewan tersebut dan minta si kecil menebaknya. Untuk anak-anak yang lebih muda, Anda bisa bermain dengan mendekatkan dan menjauhkan cahaya senter dari tubuh mereka. Mereka akan belajar bahwa ketika tubuh mereka berada di dekat cahaya, maka bayangan menjadi lebih besar. Sementara, bila sumber cahaya berada jauh dari tubuhnya, bayangannya akan lebih kecil.
 
Tebak Gerakan
Anda bisa mengajak si kecil untuk bermain tebak gerakan. Lakukan gerakan menyerupai binatang, lalu minta si kecil untuk menebak nama binatangnya. Akan lebih seru bila Anda menyorot cahaya ke arah anggota keluarga yang sedang mendapatkan bagian memeragakan gerakan.
 
Glow in The Dark
Miliki stik atau gelang fosfor berwarna-warni yang dapat menyala di dalam gelap. Anak-anak akan menikmatinya.
 
Main Wayang
Tentukan satu cerita dan aktor di dalamnya, lalu gambarlah. Misalnya saja cerita tentang satu keluarga di rumah, Anda bisa menggambar Papa, Mama, dan anak-anak, rumah, pohon, dan mobil. Gunting gambar-gambar tersebut, tempelkan kertas kecil yang lebih solid di belakangnya agar gambar dapat didudukkan di meja. Sorot dengan senter ke arah dinding dan mulai bermain wayang-wayangan. Ini bisa juga Anda lakukan menggunakan boneka-boneka atau apa pun benda yanga da di rumah.
 
Mencari Harta Karun
Untuk membuat anak-anak terbiasa dan tidak takut pada kegelapan, lakukan permainan ini. Sembunyikan satu benda berharga di suatu tempat dan buat peta serta rintangan sederhana untuk menuju ke tempat tersebut. Bekali mereka dengan senter. Wah, mereka akan sangat senang menjelajah rumah dalam gelap.
 
Menulis di Punggung
Ide permainan yang sangat sederhana ini dapat membunuh kebosanan. Minta anak-anak duduk membelakangi Anda. Gunakan jari telunjuk Anda untuk menuliskan huruf-huruf di punggungnya. Minta mereka menebak kata apa yang sudah Anda tuliskan di punggungnya.
 
Lagu ‘Sedang Apa’
Permainan ini tidak membutuhkan cahaya. Yang dibutuhkan hanya kemauan bernyanyi dan respons cepat. Anda bisa membagi keluarga dalam dua tim. Nyanyikan lagu, “Sedang apa, sedang apa, sedang apa sekarang? Sekarang sedang apa, sedang apa sekarang?” Saling melempar jawaban akan sangat menyenangkan bagi anak-anak sekaligus dapat mengasah keterampilan mereka berpikir cepat dan memperkaya kosa kata.
 
Papan Tebak Nama
Anda dapat memberikan kertas kepada si kecil. Isi kertas tersebut dengan garis-garis sebanyak jumlah huruf dalam kata yang harus ia tebak. Anda hanya bisa mengisi garis tersebut dengan beberapa huruf saja. Lalu minta ia menyebutkan beberapa huruf yang menurut dia harusnya tercantum di dalam kata tersebut. Bila ia menyebutkan huruf yang benar, katakan, “Ada”. Lakukan sampai seluruh garis terpenuhi. Misalnya : M _ L _ N untuk kategori nama buah. Minta ia menebak kemungkinan huruf hingga bisa membentuk kata “MELON”
 
Ngobrol di Luar Rumah
Saat listrik padam, teras, balkon, atau ruang terbuka di rumah dapat menjadi tempat andalan yang lebih sejuk bagi keluarga. Sambil mencari angin, momen ini juga bisa dimanfaatkan untuk saling bercerita dengan keluarga. Bila beruntung, Anda dan si kecil ditemani bulan dan bintang-bintang yang nampak di langit saat pemadaman listrik di malam hari.
 
Selamat menikmati waktu bersama keluarga. Sediakan camilan yang disukai semua anggota keluarga. Jadikan momen ini sebagai waktu tanpa distraksi dari televisi maupun ponsel pintar.
 
(Lela Latifa)
 

Baca juga:
Beragam Manfaat Permainan Tradisional

14 Strategi Bertahan Saat Listrik Padam

 

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia