Apa Saja Contoh Dad Shaming Yang Dialami Ayah?


 

Tidak hanya perempuan saja yang mengalami mom shaming, berdasarkan survei yang dipublikasikan dalam Jurnal C.S. Mott Children’s Hospital, Michigan, AS, pada Juni 2019, para pria juga mengaku punya pengalaman menerima shaming atau dipermalukan berkaitan dengan perannya sebagai seorang ayah. Hal tersebut dinamai dengan dad shaming.
 
Dad shaming tentu terdengar awam ya, bagi kita. Kalau mom shaming umumnya dekat dengan perdebatan perihal kelahiran yang normal atau lewat operasi caesar, berhasil menyusui langsung atau tidak, ibu bekerja atau di rumah, atau penampilan fisik ibu, lantas apa sih, yang membuat seorang laki-laki mengalami dad shaming?
 
Menurut penelitian yang dilakukan terhadap 713 ayah yang memiliki setidaknya satu anak usia 0-13 tahun, separuh atau sebesar 52% mengaku pernah mengalami kritik yang mempermalukan atau dad shaming berkaitan dengan pilihan gaya pengasuhannya. Apa saja sumber dad shaming yang mereka alami?
 
Disiplin
67% dari ayah yang melaporkan pernah menerima dad shaming, mereka melaporkan bahwa mereka menerima kritik—yang mempermalukan—perihal bagaimana mereka mendisiplinkan anak mereka. Hal tersebut bisa dikarenakan Papa yang dinilai terlalu keras seperti mudah memarahi, meneriaki, atau memberikan hukuman pada anak dalam upaya mendisiplinkan sampai karena terlalu longgar seperti membiarkan anaknya melanggar aturan dan sama sekali tidak pernah menerapkan konsekuensi.
 
Diet / Nutrisi
43% dari ayah yang melaporkan pernah menerima dad shaming melaporkan bahwa mereka telah menerima kritik—yang mempermalukan—tentang apa yang mereka berikan kepada anak mereka. Hal ini berkaitan dengan diet atau nutrisi anak. Banyak Papa yang dinilai terlalu mudah memberikan makanan apa pun pada anak-anaknya termasuk junk food dan makanan manis.
 
Terlalu Kasar
32% dari ayah yang melaporkan pernah menerima dad shaming melaporkan bahwa mereka dikritik habis-habisan dan dibuat malu karena dinilai telah bertindak terlalu kasar pada anak mereka.
 
Kurang Perhatian
Dalam jumlah sama dengan alasan laki-laki menerima dad shaming lantaran dinilai terlalu kasar, 32% ayah yang melaporkan pernah menerima dad shaming mengaku mereka dikritik karena dianggap kurang memerhatikan anaknya. Hal ini karena mereka dinilai terlalu sibuk dengan pekerjaan atau urusan pribadinya.
 
Lainnya
Hal-hal lain yang membuat laki-laki menerima dad shaming adalah karena keputusan pengasuhan tetang pola tidur anak mereka, yakni sebesar 24%; tentang penampilan anak-anaknya, sebesar 23%; dan tentang keselamatan anaknya; sebesar 19%.
 
 
Baca juga:
Apa Itu Dad Shaming?
Ini Cara Ayah Membesarkan Anak Perempuan
Ayah, Teman Mandi Asyik!
4 Hal Yang Harus Papa Lakukan Bila Si Kecil Menangis
Gaya Pengasuhan Papa pada Anak Laki-laki
 
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK
 
 
 

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

Apa Saja Contoh Dad Shaming Yang Dialami Ayah?

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia